17 Napi Dinyatakan Bebas, Kapolsek Sambangi Lapas II B Muara Tebo

Advertisement

17 Napi Dinyatakan Bebas, Kapolsek Sambangi Lapas II B Muara Tebo

Portal
Selasa, 28 Agustus 2018

PORTALTEBO.id - Sebanyak 17 orang narapidana atau warga binaan Lapas Kelas II Muara Tebo telah dinyatakan bebas.

Napi dari berbagai kasus kejahatan ini dibebaskan karena telah selesai menjalani masa hukumannya.

Untuk antisipasi agar para napi yang telah dibebaskan tersebut tidak mengulangi perbuatannya, Selasa (28/08/2018), Kapolsek Tebo Tengah, Iptu Agung Purwanto
bersama Kanit Reskrim Ipda CH Siahaan melakukan Sambang dan Koordinasi dengan Kepala Bapas Muara Tebo di Kantor Dinas Balai Pemasyarakatan Klas. II Muara Tebo.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka pendataan terhadap 17 napi yang sudah bebas atau dianggap sudah tuntas melaksanakan masa hukumanya, terutama para pelaku tindak pidana curat dan curanmor khususnya eks napi asal Kecamatan Tebo Tengah.

Dimana tujuan pendataan ini untuk melakukan pengawasan dan pembinaan mental dan spiritual agar tidak mudah terpengaruh untuk mengulang melakukan aksi kejahatan.

Hal ini dibenarkan oleh Kapolsek Tebo Tengah Iptu Agung Purwanto. Dia menyebutkan bahwa, kegiatan ini sebagai langkah preemtif dalam mengantisipasi tingginya aksi kriminalitas di Kecamatan Tebo Tengah.

“Ini salah satu upaya kita untuk antisipasi agar mereka (para napi) yang telah dinyatakan bebas, tidak mengulangi lagi perbuatannya. Kita data dan akan kita lakukan pembinaan khususnya untuk merubah mindset dan pola pikir dari para eks napi tersebut, “ujar Kapoles Tebo Tengah.

“Intinya, jangan sampai mereka mengulangi kembali perbuatan untuk melakukan tindak pidana, dan bisa hidup berdampingan dan diterima oleh warga masyarakat dimana tempat mereka tinggal,”tutupnya. (red)