google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 Berkeliaran Dalam Kota, Satpol PP Amankan 5 Ekor Kambing dan 1 Ekor Sapi

Advertisement


Berkeliaran Dalam Kota, Satpol PP Amankan 5 Ekor Kambing dan 1 Ekor Sapi

Senin, 13 Agustus 2018

PORTALTEBO.id - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tebo mengamankan 5 ekor kambing dan 1 ekor sapi, Senin sore (13/08/2018). Hewan ternak tersebut diamankan karena berkeliaran bebas di dalam kota.

Banyaknya hewan ternak yang berkeliaran dalam kota memang menjadi keluhan warga. Selain memakan dan merusak tanaman warga, juga sering menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas.
Taufik Khaldy Kasat Pol PP Tebo mengatakan, pengaman hewan ternak tersebut dalam rangka menegakan Perda No 8 tahun 2013 tentang penertiban dan pengembangan ternak. “Untuk menegakan Perda ini, sore ini kita gelar razia ternak yang berkeliaran bebas di sepanjang raya dan di tempat-tempat umum, “kata Taufik.

“Hasil razia, kita mengamankan 5 ekor kambing dan 1 ekor sapi, dan saat ini kita amankan di Markas Satpol PP Tebo, “kata Taufik lagi.
Pada razia penertiban hewan ternak ini, jelas Taufik, dirinya menurunkan 20 orang personel yang menelusuri jalan lintas dari Km.12 menuju pasar Muara Tebo. “Razia tadi dipimpin langsung oleh Kabid Trantib,”ujarnya.

Sebelumnya, ungkap Taufik, pihaknya bersama pihak Kecamatan Tebo Tengah, telah memberikan himbauan kepada masyarakat dan pemilik ternak agar mengkandangkan hewan ternaknya. Sayangnya, masih ada saja pemilik hewan ternak yang mengindahkan hinbauan tersebut.

“Sepertinya tidak cukup hanya dengan himbauan keliling. Pasalnya, masih ada saja pemilk ternak yang membiarkan hewan ternaknya berkeliaran bebas. Makanya kita lakukan razia. Mudah-mudahan ini bisa memberikan efek jera bagi pemilik ternak dan kedepannya mereka mengkandangkan hewan ternaknya, “harap Taufik.

“Razia ini bakal kita gelar secara rutin. Kedepannya, bila masih ditemukan hewan ternak yang berkeliaran bebas, akan kita lakukan sidang ditempat. Dan ini akan kita laksanakan dalam waktu dekat ini, “tutupnya.

Razia penertiban ternak ini mendapatkan apresiasi dan dukungan masyarakat. “Bagus lah dirazia. Hampir tiap hari ada saja hewan ternak yang berkeliaran. Selain mengganggu keindahan wajah kota, juga mengganggu lalulintas,”kata Yuni warga Kecamatan Tebo Tengah.

“Apalagi kita bakal merayakan HUT RI. Jadi sudah pas dilakukan razia ternak, agar pada perayaan pawai karnaval nanti tidak ada hewan ternak yang berkeliaran, “ketusnya mengakhiri. (p01)