HUT RI Ke-73, SAD Ikut Upacara Bendera

Advertisement

HUT RI Ke-73, SAD Ikut Upacara Bendera

Sabtu, 18 Agustus 2018

PORTALTEBO.id – Dalam rangka menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73 sejumlah Suku Anak Dalam (SAD) yang berada di Desa Hajran, Dusun Sungai Serangam, Kecamatan Bathin XXIV ikut merayakan dengan melakukan upacara bendera.

Dirilis dari Serujambi.com (media fatner PORTALTEBO.id), selain melakukan kegiatan upacara bendera, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan peresmian balai belajar untuk SAD.

Kegitan yang diselengarakan oleh Mahasiswa Universitas Jambi (UNJA) tersebut juga dihadiri oleh Ketua Lembaga Adat Desa Hajran Bustomi yang juga merupakan waris dari SAD, Danramil Tembesi, Babin kamtibnas Polsek Bathin XXIV, Manggala Agni, Komunitas Peduli Suku Anak Dalam (Pesad), Mahasiswa UIN STS Jambi beserta masyarakat Desa Hajran, Jum’at (17/8/2018).

Ketua Lembaga Adat Desa Hajran yang juga sebagai waris SAD mengatakan, harapan dari Suku Anak Dalam (SAD) di hari kemerdekaan ini, agar mereka bisa disamakan dengan masyarakat pada umumnya.

“Mereka mengharapkan dapat disamakan dengan masyarakat lainnya. Sehingga tidak ada lagi perbedaan antara meraka dengan masyarakat umum lainny,” kata Ketua Lembaga Adat Desa Hajran, Bustomi.

Dikatakannya pula, mereka juga meminta untuk dibangunkan perumahan yang layak huni.

“Selain dibagun perumahan yang layak huni, mereka juga berharap dibuatkan kebun,” ungkapnya.

Selain itu, dirinya juga meminta kepada semua pihak untuk dapat membantu agar balai belajar tersebut dapat digunakan secara layak.

Sementara itu, Penggiat Peduli SAD Rais saat dikonfirmasi, mengatakan dalam kegiatan ini, dirinya sangat menyayangkan sikap dari Pemerintah Kabupaten Batanghari yang tidak ada mengirimkan perwakilannya.

“Tak ada satu pun pihak dari Pemkab Batanghari yang hadir. Jangankan pihak Pemkab, Pihak Kecamatan Bathin XXIV saja tidak hadir,” kata Rais.

Untuk itu, dirinya mengharapkan kepedulian dari pihak Pemkab Batanghari juga ikut peduli dengan SAD ini.

“Kita meminta pihak pemkab sedikit peka la dengan hal ini. Karena mereka juga bagian dari kita,” pungkasnya.(srj/red)