Mardiana dan Suherman Direkomendasikan Untuk Dipecat Dari Jabatan Kades

Advertisement

Mardiana dan Suherman Direkomendasikan Untuk Dipecat Dari Jabatan Kades

Portal
Senin, 13 Agustus 2018

PORTALTEBO.id - Warga desa Muara Sekalo dan desa Tambun Arang Kecamatan Sumay, Senin (13/08/2018), kembali gelar rapat bersama Komosi I DPRD Tebo di ruang Komosi I DPRD Tebo.

Rapat yang dihadiri oleh Asisten I Sekda, Dinas PMD dan Inspektorat Tebo ini, sempat memanas. Pasalnya,warga kesal atas kinerja Pemkab Tebo yang seolah-olah tidak peduli dengan permasalahan di desa mereka.

“Perangkat desa dan pegawai sarak tampa alasan dipecat semaunya saja. Jadi kami minta persoalan ini ditanggapi,”teriak salah seorang warga yang sempat emosi dan memukul meja sambil melihatkan bukti berupa surat.

“Kalo permasalahan ini tidak juga diselesaikan, lebih baik kantor kepala desa kami gembok. Untuk apalagi, perangkat desa sudah habis dipecat,”teriak warga yang lain.
Emosi warga inipun langsung ditanggapi oleh anggota Komisi I DPRD. “Jangan gara-gara satu orang, rusak semuanya. Kita dewan akan merekomendasikan agar kedua kades tersebut segera dipecat dari jabatannya,”ujar Syamsu Rizal yang juga Wakil Ketua DPRD Tebo.

Pernyataan Iday, sapaan Syamsu Rizal ini akhirnya bisa meredakan emosi warga. Masyarakat sangat setuju dengan pernyataan tersebut.

Dari hasil rapat ini, Anggota Komisi I DPRD Tebo, Asisten I Sekda, Dinas PMD, Inspektorat Tebo, masyarakat desa Muara Sekalo dan desa Tambun Arang sepakat, Mardiana Kades Tambun Arang dan Suherman Kades Muaro Sekalo dipecat dari jabatannya.

Pasalnya, kedua Kades tersebut telah melanggar Undang-undang No I tahun 1974, tentang perkawinan. Dan dari surat pernyataan KUA Sumay menyatakan bahwa perkawinan kedua Kades tersebut tidak sah secara hukum.

Kemudian, Kades Muara Sekalo dan Tambun Arang melakukan pemecatan terhadap perangkat desa dan pegawai sarak dengan cara semana-mena,

Atas poin 1 dan 2, pihak eksekutif yang diwakili Asisten I, Inspektorat dan Dinas PMD akan melakukan rapat tim pemberian penghargaan dan sanksi pada Selasa, 14 Agustus 2018.

Berdasarkan masalah yang dibahas pada rapat ini, masyarakat desa Muara Sekalo dan desa Tambun Arang merekomendasikan kepada pemerintah Kabupaten Tebo, untuk memberhentikan Suherman dan Mardiana dari jabatan Kades.

Dan, Komisi I DPRD Tebo akan memantau dan mengawasi proses penyelesaian dua kasus kepala desa tersebut sampai selesai. (p15)