Atribut Kampanye Para Caleg, Wajib Cantumkan Hal Ini…

Advertisement

Atribut Kampanye Para Caleg, Wajib Cantumkan Hal Ini…

Minggu, 23 September 2018

Ilustrasi/NET
PORTALTEBO.id – Pemilihan Umum sudah semakin dekat. Bagi calon legislatif (caleg) yang lolos daftar caleg tetap (DCT) di KPU, harus mengetahui tata cara pembuatan dan penyebaran alat peraga kampanye atau atribut kampanye.

Dikutip dari SeruJambi.com (media partner PORTALTEBO.id), salah satu di antara sekian banyak aturan yang ditetapkan dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 23 dan perubahan nomor 28 tahun 2018, memuat ketentuan, atribut wajib mencantumkan visi-misi para caleg.

Sanusi, Komisioner KPU Provinsi Jambi, menegaskan, Caleg memang wajib mencantumkan visi-misi di dalam atribut kampanye.

“Itu sudah diatur dalam PKPU,” jelas Sanusi, Minggu (23/9/2018).

Menurutnya, jika atribut tidak memuat visi-misi caleg, atribut itu harus ditarik dari peredaran. “Termasuk kalender, baliho dan semacamnya,” tutur Sanusi, lagi.

Terpisah, Fachrul Rozi, anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jambi, membenarkan perihal alat peraga kampanye yang harus memuat visi-misi para caleg tersebut.

“Memuat visi saja juga boleh, misi juga boleh, keduanya lebih bagus. Intinya harus ada di tiap alat peraga,” beber pria yang akrab disapa Paul ini, kepada Serujambi.com.

Menurutnya, jika di dalam alat peraga kampanye caleg tidak memuat visi-misi atau salah satu di antaranya, sanksinya bukan caleg dianulir, “tapi alat peraga-nya harus ditarik dari peredaran,” jelas mantan wartawan ini, lagi.

Sementara, salah seorang caleg provinsi yang ditemui beberapa hari lalu, mengaku bahwa aturan soal atribut ini memang sudah disosialisasikan KPU ke para caleg.

“Makanya sekarang kalau mau buat atribut kampanye, harus hati-hati nian,” tutur sumber.(red)