Ayo Berpikir, Tes CPNS Bakal Dilaksanakan di Kabupaten Tetangga?

Advertisement

Ayo Berpikir, Tes CPNS Bakal Dilaksanakan di Kabupaten Tetangga?

Minggu, 16 September 2018

Tahun 2014 yang lalu, Kabupaten Tebo buka penerimaan seleksi CPNS. Ada 12.592 pelamar yang mendaftar. Dan tahun itu juga Pemkab Tebo mampu melaksanakan tes CPNS dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Tahun 2018 ini, Tebo kembali buka penerimaan CPNS. Sayangnya, dengan alasan kekurangan perangkat komputer sebanyak 50 unit, tes CPNS tahun ini direncanakan bakal dilaksanakan di kabupaten tetangga yakni Kabupaten Bungo atau Kabupaten Sarolangun.

Banyak persepsi negatif yang timbul atas rencana Pemkab Tebo menggelar tes CPNS di kabupaten tetangga ini.

Mulai dari calon pelamar putra daerah yang beranggapan nantinya harus repot ke kabupaten tetangga untuk mengikuti tes, hingga besaran biaya yang harus dikeluarkan untuk transportasi, konsumsi dan penginapan selama tes.

Begitu juga dengan pelaku usaha hotel dan penginapan. Semestinya pada tes penerimaan CPNS adalah momen meningkatnya penghasilan pada unit usaha mereka.

Juga pada pelaku usaha rumah makan dan warung sarapan. Momen tes CPNS merupakan hal yang sangat dinantikan untuk meningkatkan pendapat mereka.

Merunut dari tahun sebelumnya, untuk seleksi penerimaan CPNS, proses yang harus dilalui dimulai dari pendaftaran secara online untuk mendapatkan nomor peserta. Kemudian meregistrasikan nomor peserta yang telah dicetak atau diprint kepada panitia.

Pada proses ini, ada beberapa calon peserta atau pelamar mengunjungi tempat atau lokasi tes. Baik sekedar untuk mengetahui lokasi atau untuk mencari informasi tes CPNS sesama pelamar maupun panita pelaksana.

Nah, ayo kita berpikir. Untuk menyediakan kekurangan 50 unit perangkat komputer, berapa biaya yang harus disiapkan oleh Pemkab Tebo. Sementara, untuk menyiasati kekurangan perangkat ini, hampir rata-rata intansi maupun sekolah di kabupaten Tebo memiliki komputer maupun laptop yang bisa dipinjam pakaikan.

Berapa peredaran uang di Kabupaten Tebo jika pelaksanaan tes CPNS dilaksanakan di Tebo. Sederhananya, setiap peserta rata-rata menghabiskan biaya Rp 300 ribu selama proses registrasi nomor peserta hingga pelaksanaan tes dengan sistem CAT.

Jika berpatokan pada data tahun 2014 lalu, ada 12.592 pelamar CPNS. Jika jumlah pelamar tersebut dikalikan Rp 300 ribu, hampir 4 milyar peredaran uang di Tebo selama seleksi penerimaan CPNS.

Redaksi