Bermodal 1,6 Juta Rupiah, Pemuda Dusun Jambu Buka Wisata Taman Tegadis Elok

Advertisement

Bermodal 1,6 Juta Rupiah, Pemuda Dusun Jambu Buka Wisata Taman Tegadis Elok

Portal
Minggu, 23 September 2018

PORTALTEBO.id - Ide kreatif pemuda di Desa Teluk Kembang Jambu, Kecamatan Tebo Ulu patut diacungkan jempol. Pasalnya, baru saja para pemuda desa tersebut berhasil merubah lahan kosong menjadi objek wisata taman, sekarang warga pemuda desa ini tengah mengembangkan destinasi wisata baru, yakni wisata Taman Tegadis Elok.

Lokasi wisata yang berada di RT.001, Dusun Jambu, Desa Teluk Kembang Jambu ini, dikelola oleh Komunitas pemuda desa setempat yang bernama Pemuda Pengekspos Sigombak Desa Jambu (PPSDJ).
Dengan modal hanya Rp 1,6 juta dari kas Karang Taruna Desa Jambu, komunitas PPSDJ membuat jembatan diatas danau Sigombak dengan kontruksi bumbu. Jembatan ini diberi nama dermaga 1000 bambu.

Tidak itu saja, ada juga tangga menuju ke atas pohon yang diberi nama pohon jomblo. Dan pintu yang terpasang diketiggian yang diberi nama pintu langit.
Salah seorang pengurus Karang Taruna Desa Teluk Kembang Jambu, Zul saat ditemui PORTALTEBO.com mengatakan, wisata ini dinamakan Taman Tegadis Elok. “Wisata ini sengaja kita buat dan terbuka untuk umum. Siapa saja boleh berkunjung kemari, “kata Zul.

“Untuk sekarang, bagi yang berkunjung tidak dipungut biaya atau gratis. Hanya saja dikenakan biaya parkir karena memang kendaraan yang parkir dijaga oleh pemuda, “kata dia lagi.

Untuk pengembangan wisata ini, Zul berharap adanya bantuan dari pemerintah desa maupun pemerintah kabupaten. Pasalnya, masih banyak agenda atau rencana pengembangan wisata di desanya yang belum terwujud.

“Masih banyak yang belum dikembangkan karena keterbatasan modal. Untuk itu kami berharap ada bantuan dari pemerintah maupun intansi lainnya untuk pengembangan ini, “tutupnya. (p15)