Drs Mushammid Jelaskan Peran Menwa Kepada Maru STIT tebo

Advertisement

Drs Mushammid Jelaskan Peran Menwa Kepada Maru STIT tebo

Senin, 24 September 2018

PORTALTEBO.id - Ratusan mahasiswa baru (Maru) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Kabupaten Tebo, Minggu (23/09/2018), menerima materi tentang Peran Resimen Mahasiswa Dalam Ketahanan Bangsa Dan Negara.

Materi ini disampaikan langsung oleh Drs. Mushammid Danmenwa Sultan Thaha Provinsi Jambi.
Pada penyampaiannya, Drs. Mushammid menjelaskan bahwa, disadari atau tidak Menwa sebagai organisasi kepemudaan yang memiliki peran dan fungsi yang strategis dalam menunjang pertahanan dan ketahanan bangsa Indonesia.

Menwa, menurut dia, merupakan sebuah organisasi platform yang fungsinya sangat strategis untuk membentuk perangkat lunak calon-calon pemimpin bangsa kedepanya

“Menwa merupakan organisasi semi militer yang juga berperan dalam membentuk karakter para mahasiswa yang notabenenya adalah generasi penerus bangsa, “ucap Drs. Mushammid.

“Anggota Menwa akan diajarkan untuk menjadi pribadi-pribadi yang disiplin, berjiwa ksatria, pantang menyerah yang perduli pada bangsa dan negaranya,”kata dia lagi.
Dijelaskannya, setiap anggota Menwa akan mendapatkan pelatihan semi militer yang dapat memperkuat karakter mereka. Karakter yang kuat yang melatih mereka untuk tahan atas kesulitan

“Jadi melalui latihan–latihan seperti itu akan membuat mereka menjadi pemuda-pemuda yang tidak gampang menyerah dan cengeng. Pemuda–pemuda yang tangguh pintar dan berkarakter sangatlah dibutuhkan, karena mereka yang akan menjadi pemimpin-pemimpin kita di masa depan,”ucapnya.

Tidak itu saja, lanjut dia, Resimen Mahasiswa sebagai penyaluran kegiatan yang positif. Hal ini secara otomatis akan menghindarkan pemuda atau mahasiwa dari tindakan-tindakan yang negatif diantaranya, penyalahgunaan narkoba, tawuran dan demonstrasi bayaran di jalan-jalan.

“Menwa juga merupakan pengalihan yang baik agar mahasiswa-mahasiswa menghabiskan waktu senggang mereka secara positif,”tuturnya.

“Di dalam Menwa, wawasan kebangsaan dan cinta tanah airpun sangat kental diajarkan kepada anggota-anggotanya. Menwa membantu melatih pemuda-pemuda yang terbaik secara intelektual untuk memiliki karakter dan pola tindak yang nasionalis,”pungkasnya. (red)