Gaji Sering Telat, Diduga Penyebab Petugas Kebersihan Jadi Malas-malasan Bekerja

Advertisement

Gaji Sering Telat, Diduga Penyebab Petugas Kebersihan Jadi Malas-malasan Bekerja

Jumat, 28 September 2018

PORTALTEBO.id - Sampah di sejumlah perumahan di wilayah Kabupaten Tebo sudah seminggu lebih tidak diangkut oleh petugas, akibatnya belatung dan lalat serta bau tidak sedap menghiasi rumah warga.

“Terakhir diangkut (sampah) seminggu yang lalu,”kata salah Yuni salah seorang warga di Jalan Jati Rt.09 Kelurahan Tebing, Kecamatan Tebo Tengah.

Pantauan dan informasi yang dirangkum PORTALTEBO.id, tahun 2018 ini petugas taman dan kebersihan yang sebelumnya dibawah naungan Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) dialihkan ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Namun, gaji dan operasional mereka (petugas taman dan kebersihan) tetap di Dinas Perkim.

Selama itu pula, gaji dan anggaran atau dana operasional petugas kebersihan dan pertamanan, selalu telat dibayar. Hal itu diduga penyebab petugas jadi bermalas-malasan untuk bekerja, terutama petugas angkut sampah yang memang membutuhkan dana operasional.

“Sudah tidak pernah lagi gaji kami dibayar tepat waktu. Selalu terlambat. Jadinya malas bekerja,”keluh petugas taman yang tidak mau disebutkan namanya.

“Pengen berhenti, tapi nanti susah dapat kerja lagi. Kalo terus bertahan, selalu makan hati karena gaji selalu terlambat dibayar, “keluh dia lagi.

Keluhan yang sama juga dikatakan oleh petugas angkut sampah yang mengunakan kendaraan roda tiga. “Pengin tiap hari bergerak mengangkut sampah bang. Tapi kan kendaraan ini butuh operasional, pakai minyak biar bisa bergerak,”ketus dia.

“Nah, kalau duit minyaknya ndak ada, kita mau beli minyak pakai apa. Ndak mungkin kita ngutang bang. Kalo pun bisa ngutang, siapa yang mau ngutangi, “ketusnya lagi. (red)