Irigasi Tak Berfungsi, Puluhan Hektar Sawah Petani di Muaro Ketalo Terlantar

Advertisement

Irigasi Tak Berfungsi, Puluhan Hektar Sawah Petani di Muaro Ketalo Terlantar

Selasa, 04 September 2018

PORTALTEBO.id - Sudah tiga tahun ini, puluhan hektar sawah di lima lokasi yang berbeda milik petani di desa Muaro Ketalo, Kecamatan Tebo Ilir tidak bisa digunakan untuk menanam padi. Pasalnya, irigasi pembuangan air di area sawah tersebut tidak berfungsi dengan baik.

Kondisi tersebut tentunya sangat dikeluhkan oleh ratusan petani di itu. Sebab, mereka tidak bisa lagi turun kesawah. Akibatnya, sawah mereka jadi terlantar.

Apriwan Kepala Desa Muaro Ketalo mengatakan, sebelumnya para petani sudah pernah mengeluhkan kondisi tersebut ke dinas terkait dalam hal ini Dinas Pertanian Tebo. Namun, kata dia, belum juga ada tanggapan serius dari pihak dinas untuk memperbaiki irigasi tersebut.
Untuk itu, Apriwan berharap kepada Pemkab Tebo untuk segera mencari solusi agar irigasi yang dikeluhkan oleh petani agar segera diperbaiki.

Jika kondisi ini dibiarkan berlarut, saya khawatir lahan persawahan itu dialihkan fungsikan oleh para petani, “jata dia.

Atas kondisi tersebut, Apriwan, khawatir jika lahan persawahan tersebut dialih fungsikan untuk bercocok tanam yang lain. (red)