Legalisir KTP dan KK Harus Ditandatangani Kadis? Ini Penjelasan Dinas Dukcapil Tebo

Advertisement

Legalisir KTP dan KK Harus Ditandatangani Kadis? Ini Penjelasan Dinas Dukcapil Tebo

Portal
Kamis, 27 September 2018

PORTALTEBO.id - Beredar isu terkait legalisir KTP dan KK sebagai syarat untuk kelengkapan administrasi pendaftaran CPNS tahun 2018 ini, harus ditandatangani oleh Kepala Dinas Dukcapil.

Hal ini membuat para calon pelamar yang telah mendapat legalisir KTP dan KK dari Dinas Dukcapil Tebo merasa khawatir. Pasalnya, KTP dan KK yang telah mereka terima ditandatangani oleh pejabat administrasi Dukcapil.

Terkait isu ini, Bekti Fery Densi Kabid Kependudukan dan Capil Dinas Dukcapil Tebo menjelaskan bahwa, sesuai Permendagri Nomor 19 Tahun 2012, tentang Pedoman Pendokumentasian Hasil Pendaftaran Penduduk Dan Pencatatan Sipil Di Daerah, Pasal 8 Ayat 7 telah dijelaskan bahwa, pelayanan legalisir foto kopi dokumen kependudukan sebagaimana dimaksud pada ayat (6) huruf x ditandatangani Kepala Dinas Dukcapil atau Kepala Bidang yang membidangi atau Pejabat Pencatatan Sipil.

“Jadi, berpedoman pada Permendagri Nomor 19 Tahun 2012, legalisir KTP dan KK tidak mesti harus ditandatangani oleh Kepala Dinas, “jelasnya pada PORTALTEBO.id, Kamis (27/09/2018).

“Hal ini juga sudah saya klarifikasikan dengan pihak BKPSDM Tebo. Dan pihak BKPSDM tidak mempermasalahkan itu. Yang penting legalisir KTP dan KK ditandatangani oleh pejabat administrator Dukcapil, “jelas Fery lagi.

Diakui Fery, memang ada beberapa orang yang mengurus legalisir KTP dan KK minta agar legalisirnya ditandatangani langsung oleh Kepala Dinas. Mereka beranggapan jika legalisir yang tidak ditandatangani oleh Kadis adalah tidak sah sebagai syarat administrasi pendaftaran CPNS.

“Dan itu sudah saya jelaskan jika legalisir boleh ditandatangani oleh Kadis, Sekdis atau Kepala Bidang. Jadi legalisir yang ditandatangani oleh Kepala Bidang adalah sah, “katanya.

Untuk itu, Fery berpesan kepada para calon pelamar CPNS agar jangan khawatir jika KTP dan KK yang dilegalisir ditandatangani oleh pejabat dinas Dukcapil, bukan ditandatangani langsung oleh Kadis. Karena itu sudah sesuai dengan Permendagri, “Pedoman kita adalah Permendagri Nomor 19 Tahun 2012,“pungkasnya. (p01)