Penjelasan BKN Soal 'Lemotnya' Situs Pendaftaran CPNS

Advertisement

Penjelasan BKN Soal 'Lemotnya' Situs Pendaftaran CPNS

Portal
Jumat, 28 September 2018

PORTALTEBO.id - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengakui masih ada kendala dalam mengakses Sistem Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Nasional (SSCN) di situs sscn.bkn.go.id.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Mohammad Ridwan mengatakan, jika masih ditemukan perkara misal lambatnya portal SSCN dibuka karena banyaknya pihak yang mengakses dalam waktu bersamaan.

"Memang ini load-nya dinamik ya. Seakan akan captcha-nya null null null (kosong) ya nggak, karena itu, kita katakan berlomba (mengakses SSCN). Memang di mana mana sistem online begitu," katanya dalam konferensi pers di Kantor BKN, Rabu (26/9/2018).

Namun dia mengatakan, pada prinsipnya portal SSCN pasti bisa diakses selama koneksi internet stabil, dan disarankan menggunakan laptop atau desktop supaya lebih lancar. Di samping itu, pihaknya juga melakukan perbaikan dari sisi infrastruktur sistem untuk menopang layanan SSCN.

"Perbaikan infrastruktur sudah ada, peningkatan bandwidth sudah ada, kemudian mekanisme berapa banyak visual mesin server juga sudah bertambah dengan kapasitas yang kami prediksi 6-10 juta pelamar," jelasnya.

Namun, demi memecah traffic supaya portal SSCN lebih lancar diakses, dia mengimbau calon pelamar CPNS membukanya di jam-jam yang sekiranya sudah tidak banyak orang yang mengakses.

Sebagai contoh pada 19 September di mana formasi lowongan CPNS resmi diumumkan. Dia mengatakan, pada pukul 16.30 WIB portal SSCN bisa diakses dengan cepat. Beda halnya jelang portal SSCN resmi dibuka pada 13.00 WIB.

"Jadi teman teman berbondong-bondong pada tanggal 19, jam 12 sampai jam 3 sore. Sementara setelah capek, give up semua, jam setengah 5 sampai jam setengah 7 (sore) justru turun 1/10-nya dari over flow," tambahnya. (red)

Sumber Artikel : detik.com