google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 Peringati Hari Kunjung Perpustakaan dan Gemar Membaca, Perpus Tebo Gelar Berbagai Lomba

Advertisement


Peringati Hari Kunjung Perpustakaan dan Gemar Membaca, Perpus Tebo Gelar Berbagai Lomba

Rabu, 19 September 2018

PORTALTEBO.id - Minat baca masyarakat Indonesia termasuk Kabupaten Tebo masih sangat rendah. Apalagi di daerah tertinggal.

Namun hal ini tidak menjadi penghalang bagi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tebo untuk terus memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Rendahnya minat baca ini, justru menjadi tantangan untuk terus berinovasi mencari terobosan baru untuk meningkatkan minat dan budaya baca kepada masyarakat, karena banyak membaca akan melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang cerdas dan berkualitas.

Ini yang disampaikan oleh Drs. H Alwis M.Si Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tebo, usai gelar Hari Kunjung Perpustakaan dan Gemar Membaca di kantor Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tebo, Rabu (19/09/2018).

“Jika kegemaran membaca rendah, kita akan tertinggal. Jadi kita harus banyak membaca agar banyak ilmu. Hanya orang yang banyak ilmu yang bakal maju, “kata Drs. H Alwis M.Si.

Alwis menjelaskan, untuk meningkatkan minat baca masyarakat, pihaknya telah menyelenggarakan berbagai lomba yang berkaitan dengan buku, diantaranya lomba bercerita rakyat Jambi tingkat SD sederajat, lomba bercerita rakyat Jambi berbahasa inggris tingkat SMP sederajat, penghargaan pengunjung teladan, lomba perpustakaan sekolah tingkat SMP sederajat, lomba perpustakaan tingkat desa, dan lomba mewarnai.

“Hari ini puncak peringatan Hari Kunjung Perpustakaan dan Gemar Membaca. Kita tutup dengan pemberian hadiah kepada pemenang lomba, “kata dia.

Tidak itu saja, pada puncak kegiatan juga menampilkan vokal group “Ayah Bunda Bacakan Aku Buku” oleh siswa siswi SDN 149 Muara Tebo, penampilan juara I cerita rakyat Jambi tingkat SD sederajat, penampilan juara I lomba bercerita rakyat Jambi dengan berbahasa inggris tingkat SMP sederajat, pembacaan puisi oleh siswa SMPN 1 Tebo, dan penampilan lagu-lagu daerah.

“Intinya kita ingin meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya membaca, “tutupnya.

Diketahui, saat ini Perpustakaan Daerah Kabupaten Tebo memiliki sekitar 14 ribu buku dengan 10 ribu judul. Jumlah tersebut dianggap masih sangat kurang.

Untuk menambah koleksi ini, tahun 2019 Tebo bakal mendapat bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Perpustakaan Nasional sebesar Rp 925 juta.

Dana tersebut, beber dia, akan digunakan untuk tiga item kegiatan yakni, penambahan perabot dan serana pendukung lainnya, Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) serta serana pendukungnya, serta pengadaan buku. (p15)