google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 Ini Pesan Penting Yang Disampaikan Sukandar Usai Melantik 3 Kades di Kecamatan Tebo Tengah

Advertisement


Ini Pesan Penting Yang Disampaikan Sukandar Usai Melantik 3 Kades di Kecamatan Tebo Tengah

Kamis, 27 September 2018

PORTALTEBO.id - Bupati Tebo, Sukandar lantik 3 Kepala Desa (Kades) terpilih di Kecamatan Tebo Tengah, Kamis (27/09/2018), di halaman Kantor Camat Tebo Tengah.

Ketiga kades yang dilantik tersebut yakni, Marzuki Kades Teluk Pandak, Siajum Kades Pelayang dan Alipman Kades Sungai Keruh, dilantik untuk masa jabatan selama 6 tahun kedepan, 2018-2024.

Pelantikan ini dihadiri langsung oleh Syahlan Arfan Wakil Bupati Tebo, unsur Forkompinda, staf ahli bupati, para asistensi, OPD, Kades se Kecamatan Tebo Tengah, dan ratusan masyarakat serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, ada beberapa pesan yang ditegaskan Sukandar kepada para Kades yang baru dilatik.

Salah satu pesan yang sangat ditegaskan oleh Sukandar yakni, Kades yang baru dilantik agar berhati-hati dalam menandatangani SPJ Kades sebelumnya. Pasalnya, Kades yang dilantik bertepatan di penghujung tahun dimana anggaran desa hampir sudah terealisasi secara keseluruhan.

“Sebelum menandatangani SPJ, pastikan betul itu tidak ada masalah, pastikan betul uang yang dikeluarkan ada wujudnya dan sesuai. Jangan asal tandatangan saja, “tegas Sukandar.

Kata Sukandar, contoh sudah ada. Ada beberapa Kades yang membuat SPJ fiktif dan akhirnya berurusan dengan hukum. “Jangan sampai ini terjadi. Karena saudara dilantik dipenghujung tahun. Yang jelas, saya tidak ingin ada lagi Kades di Tebo yang tersangkut hukum,”katanya lagi.

Atas kejadian itu, Sukandar juga mengingatkan agar Kades jangan sekali-kali bermain anggaran. Pasalnya, polisi, jaksa dan lain terus mengawasi. Bahkan, sebentar lagi KPK juga turun untuk mengawasi.

Selain itu, Sukandar mengingatkan kepada para Kades yang baru dilantik agar menjalankan amanah dengan sebaik mungkin. “Harus bersyukur dengan amanah ini. Amanah ini datang dari Allah melalui suara yang diberikan masyarakat kepada saudara saat Pilkades kemarin. Jadi harus bersyukur karena sudah dipercaya sama Allah untuk mengemban amanah ini. Allah lah yang mengangkat dan menurunkan derajat manusia. Kalau tidak bersyukur, apapun bentuk nikmat yang diberikan tidak akan bisa dinikmati,”ucap Sukandar.

Selanjutnya, Sukandar berpesan agar selama menjalankan amanah agar bisa berpikir positif. “Ajak teman-teman di desa untuk membangun desa. Sekecil apapun kegiatan, libatkan masyarakat, BPD dan perangkat desa, “kata dia.

Seterusnya, pada Kades yang sudah dilantik menjadi pembina adat di desanya. Sukandar berpesan agar sesuaikan apa yang diucapkan dengan apa yang dilakukan. “Posisikan diri menjadi pemangku adat di desanya masing-masing,”tuturnya.

Kepada istri Kades, Sukandar juga berpesan agar bisa membantu suami dalam menjalankan roda kepemerintahan. Sukses Kades, menurut dia, tidak lepas dari peran istri. “Posisikan diri sebagai istri Kepala desa, bukan Kepala desa,”tagas Sukandar.

Sukandar kembali mengingatkan agar para Kades harus kompak dalam membangun dan memajukan desa maupun daerah.

Sebagai penyelenggara pemerintahan, di tahun politik ini Sukandar minta kepada Kades agar menjaga netralitas dan keamanan. Jangan seperti tahun sebelumnya, di Tebo terjadi pembakaran surat suara, pembakaran rumah Komisioner dan lain sebagainya. Hal itu akan membuat buruk imet Tebo.

“Untuk para Kades juga tidak perlu melakukan studi banding jauh-jauh. Apalagi di Tebo sudah ada desa percontohan tingkat nasional. Ini bisa dijadikan referensi, “tutupnya. (p01)