Sambut 1 Muharam, Warga Gelar Pawai Obor

Advertisement

Sambut 1 Muharam, Warga Gelar Pawai Obor

Selasa, 11 September 2018

PORTALTEBO.id - Tahun Baru Islam 1 Muharam 1440 Hijriah yang jatuh pada Selasa (11/9/2018), diperingati masyarakat muslim dengan berbagai cara. Begitu juga di Kabupaten Tebo.

Malam ini, puncak kemeriahan datangnya Tahun Baru Islam dengan Pawai Obor di Kecamatan Tebo Tengah.

Pawai obor selain untuk memeriahkan Tahun Baru Islam juga untuk melestarikan budaya. “Setiap menyambut Tahun Baru Islam kita meriahkan dengan pawai obor. Tadi sekitar pukul 20.00 Wib kita mulai, “ujar salah seorang peserta pawai obor.

Maksabandi ketua pelaksana mengatakan, perayaan Tahun Baru Islam tahun 2018 ini dilaksanakan selama 3 hari dengan berbagai kegiatan.

Kegiatan yang dimulai sejak 9 September 2018 diawali dengan lomba Pidalcil putra putri. Pada lomba ini diikuti sekitar 100 orang peserta.

Selanjutnya, kata Maksabandi, pada tanggal 10 September digelar festival kompangan. Festival ini diikuti peserta dari 12 kecamatan se Kabupaten Tebo.

“Hari ini kegiatan kita lanjutkan dengan lomba pawai obor. Pesertanya pelajar SD, SMP, SMA dan remaja mesjid. Ada sekitar 30 kelompok pesera yang ikut, “ujar Maksabandi.

Pantauan PORTALTEBO.id pada kegiatan lomba pawai obor, tampak peserta memakai pakaian muslim. Para anak kecil maupun remaja berjalan beriringan sambil memegangi obor yang telah disulut api ditangannya.

Terlihat ribuan warga menyaksikan pawai obor tersebut. “Rutenya tidak jauh-jauh. Hanya keliling kota Tebo saja, “tutup Maksabandi. (p15)