google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 Sambut 10 Muharram, Ratusan Warga Desa Mangun Jayo Gelar Tolak Bala

Advertisement


Sambut 10 Muharram, Ratusan Warga Desa Mangun Jayo Gelar Tolak Bala

Kamis, 20 September 2018

PORTALTEBO.id - Ratusan warga Desa Mangun Jayo, Kecamatan Tebo Tengah,Kamis malam ini (20/09/2018),menggelar doa bersama dan pawai obor keliling kampung. Aksi tersebut dilakukan sebagai upaya tolak bala yang setiap tahun rutin digelar.

Salah seorang tokoh masyarakat desa Mangun Jayo, Maskur mengatakan kegiatan itu diikuti sekitar lima ratusan warga yang terdiri dari pria, wanita hingga anak-anak usia sekolah.
Turut serta dalam kegiatan ini tokoh agama Kabupaten Tebo Kh Fauzi Mansur, Camat Tebo Tengah, Polsek Tebo Tengah, anggota Koramil 416-05 Muara Tebo, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh pemuda Desa Mangun Jayo.

Pawai obor, kata dia, dilakukan di keliling desa atau dari dusun ke dusun dalam wilayah desa Mangun Jayo. Kemudian dilanjutkan dengan  membaca Yassin dan tahlil.

“Selain ajang silaturrahmi dan memperingati 10 Muharram, tujuan acara ini untuk tolak bala,” kata Maskur.

Selain itu, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menolak bala di lingkungan warga desa, seperti penyalahgunaan narkoba, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), pencurian, serta tindakan menyalahi hukum lainnya.

“Harapan kepada para warga khususnya para pemuda, terkait tindakan ataupun hal yang negatif yang terjadi selama ini dapat diminimalisir,”harapnya.
Sementara, Camat Tebo Tengah Ade Nofrizal mengatakan, dengan peringatan hari asyura atau 10 Muharram semoga Desa Mangun Jayo lebih maju lagi dan dihindarkan dari segala macam balak.

“Semoga acara ini dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, “kata dia.
Pantauan PORTALTEBO.id, pawai obor dilakukan keliling dusun sambil mengumandangkan azan, zikir dan shalawat. Hingga saat ini, kegiatan masih terus berlangsung tertib dan aman. (red)