Tebo Dikunjungi Rombongan Peserta Pengenalan Objek Wisata Sejarah Provinsi Jambi

Advertisement

Tebo Dikunjungi Rombongan Peserta Pengenalan Objek Wisata Sejarah Provinsi Jambi

Portal
Senin, 24 September 2018

PORTALTEBO.id - Rombongan peserta pengenalan objek wisata sejarah yang terdiri dari mahasiswa, pelajar dan bujang gadis Jambi, Senin (24/09/2018), mengunjungi Kabupaten Tebo.

Rombongan yang dipimpin langsung oleh Safrian SE,  Kabid Sejarah dan Purbakala Pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi ini, pertama kali mengunjungi taman Tanggo Rajo yang berada di Kelurahan Pasar Muara Tebo, Kecamatan Tebo Tengah.
Dikonfirmasi PORTALTEBO.id, Safrian SE, Kabid Sejarah dan Purbakala Disbudpar Provinsi Jambi menjelaskan, kunjungan ini merupakan rangkaian kegiatan Batanghari Festival, yakni wisata sejarah yang digelar oleh Disbudpar Provinsi Jambi. Untuk wilayah kunjungan adalah Kabupaten Tebo, Bungo dan Tembesi (Batanghari).

“Jadi, kita sengaja mengunjungi tempat yang ada sejarahnya. Berkunjung sekaligus berwisata,”ujar Safrian disela mengunjungi taman Tanggo Rajo.

Dijelaskannya, untuk Tebo ada tiga lokasi atau titik kunjungan yakni, Taman Tanggo Rajo, Benteng atau bangunan peninggalan zaman Belanda dan Candi Tuo Sumay di kecamatan Sumay. “Setelah itu kita bergerak menuju Kabupaten Bungo, “kata dia.

Dijelaskannya lagi, kunjungan ini untuk mengenalkan sejarah kepada anak-anak. Pasalnya, menurut dia, masih banyak anak-anak yang kurang mengetahui sejarah. “Kan naeih banyak anak-anak yang tidak tahu sejarah. Jadi sambil berkunjung dan berwisata, kita mengenal sejarah, “ucapnya.

Sementara, Ade Irma salah seorang dari rombongan mengaku tahjud dengan keindahan Taman Tanggo Rajo.

Dijelaskannya, Kabupaten Tebo merupakan salah satu kota tua dan bersejarah yang berada di Jambi.

Di Tebo, masih banyak bangunan sejarah yang kondisnya masih lengkap, dan ini sangat berpotensi untuk dijadikan daerah cagar budaya.

Apalagi taman Tanggo Rajo, lanjut dia, banyak menunjukkan perubahan dan tambah cantik, “Disini (taman Tanggo Rajo), banyak sport photo untuk anak-anak zaman sekarang, “tutup gadis Tebo yang mewakili Provinsi Jambi ini. (p15)