Demi Perekaman e-KTP, Petugas Disdukcapil Datangi Warga Sakit

Advertisement

Demi Perekaman e-KTP, Petugas Disdukcapil Datangi Warga Sakit

Senin, 08 Oktober 2018


PORTALTEBO.id - Petugas Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tebo, Senin (08/10/2018), mendatangi rumah salah seorang warga untuk melakukan perekaman data kependudukan. Perekaman data ini adalah syarat untuk pembuatan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP).

Kepala Disdukcapil Tebo melalui Kabid Kependudukan dan Capil, Bekti Fery Densi mengatakan, rumah warga yang didatangi tersebut bernama Desnita di Unit 6, Kecamatan Rimbo Bujang.

Fery bilang, warga tersebut ingin memiliki e-KTP namun dia tidak mampu ke kantor Disdukcapil untuk melakukan perekaman data. Pasalnya, Desnita tengah menderita sakit kanker dan hanya bisa terbaring lemas.

“Jadi kita yang kesana, jemput bola. Kita datangi rumahnya untuk melakukan perekaman data, “jelas Fery.

Fery menjelaskan, perekaman jemput bola dilakukan sebagai salah satu bentuk pelayanan kependudukan yang dilakukan pihaknya. Jemput bola ini dilakukan karena kondisi masyarakat yang tidak bisa datang ke kantor Disdukcapil dan belum pernah melakukan perekaman.

Ditegaskannya, masyarakat Tebo yang sakit dan tidak bisa datang ke kantor Disdukcapil, bisa mendapatkan pelayanan jemput bola dengan menghubungi Disdukcapil melalui perangkat desa atau RT masing-masing. “Walau hanya ada laporan satu orang untuk mendapatkan pelayanan, kami akan melakukan jemput bola untuk perekaman,” ujar Fery.

“Kami berharap semua masyarakat memanfaatkan pelayanan jemput bola yang telah dilaksanakan ini. Setidak-tidaknya, warga yang sakit bisa mengurus BPJS dan lain sebagainya. Sebab salah satu syarat untuk mengurus BPJS adalah KK dan KTP, “tutupnya. (p01)