google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 Kades Nonaktif Aburan Batangtebo Dipindahkan ke Jambi

Advertisement


Kades Nonaktif Aburan Batangtebo Dipindahkan ke Jambi

Kamis, 25 Oktober 2018


PORTALTEBO.id - Terjerat kasus korupsi anggaran dana desa (ADD), Kepala Desa (Kades) nonaktif desa Aburan Batangtebo Kecamatan Tebo Tengah, Kabupaten Tebo, Jambi, Tarmizi (51) akan menjalani sidang perdana sebagai terdakwa pada Senin depan (29/10).

Sidang dengan agenda pembacaan dakwaan ini digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jambi.

Untuk mempermudah proses sidang, pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Tebo terpaksa memindahkan Tarmizi dari Lapas Tebo ke Lapas Jambi. Hal ini dikatakan oleh Kasi Pidana Khusus (Pidsus)  Kejari Tebo, Efan Apturedi, SH, “Hari ini kita pindahkan ke Lapas Jambi, “kata Efan, Kamis (25/10).

Dijelaskan Efan, pemindahan Tarmizi ini dilakukan dengan pertimbangan jauhnya jarak tempuh Tebo-Jambi. “Ini perkara Tipikor. Untuk perkara ini sidangnya di Jambi. Makanya terdakwa kita pindahkan ke Jambi untuk mempermudah proses persidangan, “singkat dia.

Diketahui, kata Efan, Tarmizi terjerat kasus korupsi ADD senilai 160.769.500 rupiah yang bersumber dari APBD Tebo tahun 2015 silam. “Sejak kasus ini kita terima dari penyidik Tipikor Polres, terdakwa kita titipkan di Lapas Tebo. Dan hari ini kita pindahkan ke Jambi, “ujarnya.

Disinggung soal sejauh mana penanganan kasus pengadaan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) yang dibiayai dari Dana Desa Tahun Anggaran 2017, Efan mengaku telah melakukan ekspose ke BPKP RI wilayah Jambi.

Hingga saat ini, dia mengaku terus berkordinasi dengan pihak BPKP dalam rangka menghitung nilai kerugian negara.

“Mudah-mudahan tim BPKP tidak terlalu lama dalam menghitung kerugian negara tersebut,”harapnya mengakhiri. (p01)