google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 Prihatin, Masjid Tertua di Tebo Nyaris Longsor, Warga Swadaya Bangun Turap

Advertisement


Prihatin, Masjid Tertua di Tebo Nyaris Longsor, Warga Swadaya Bangun Turap

Rabu, 03 Oktober 2018


PORTALTEBO.id - Warga Desa Mangun Jayo, Kecamatan Tebo Tengah, terpaksa swadaya membangun turap di tebing sungai Batanghari di desa mereka.

Pasalnya, sudah lama tebing sungai tersebut kondisnya longsor tergerus air sungai. Ditambah lagi dipinggir sungai tersebut terdapat masjid Nurul Jalal yang merupakan mesjid tertua di Kabupaten Tebo.

Pantauan PORTALTEBO.id, warga kompak gotong royong membangun turap dengan mengunakan kontruksi kayu. Kemudian, warga menimbun bagian turap dengan tanah.

Sementara, pondasi masjid yang mengarah ke sungai kondisinya sudah menggantung karena tanah yang berada dibawanya longsor. Begitu juga dengan kondisi didinding mesjid, sudah banyak yang retak.

“Untuk meminimalisir longsor, jadi kita gotong royong membangun turap, “ kata Ujang Sekretis Masjid Nurul Jalal.

Meski sudah dibangun turap, namun Ujang khawatir tebing sungai akan kembali longsor. Pasalnya, kontruksi kayu yang digunakan tidak akan bertahan lama.

Untuk itu, Ujang berharap adanya perhatian dari Pemkab Tebo maupun intansi lainnya. Agar turap yang dibangun dengan kontruksi kayu bisa diganti dengan kontruksi beton.

“Ya, saya berharap Pemda mau membantu lah untuk masjid Nurul Jalal ini. Apa lagi masjid ini adalah yang tertua di kabupaten Tebo. Sayang kalau masjid yang penuh sejarah ini dibiarkan rusak dan lama terbawa longsor, “tutupnya. (p15)