Proyek Turap di Desa Mangun Jayo Mangkrak, Jalan Desa Terancam Longsor

Advertisement

Proyek Turap di Desa Mangun Jayo Mangkrak, Jalan Desa Terancam Longsor

Portal
Minggu, 28 Oktober 2018


PORTALTEBO.id - Sudah sepekan ini, proyek lanjutan pembangunan pengendalian daya rusak air atau turap di Desa Mangun Jayo, Kecamatan Tebo Tengah, Kabupaten Tebo, jalan ditempat alias mangkrak.

Pasalnya, proyek yang diprediksikan progres fisiknya baru selesai 5 persen tersebut, namun tidak ditemukan satupun pekerja yang mengerjakan proyek dilokasi pekerjaan.

Akibatnya, warga khawatir dampak terbengkalainya pekerjaan proyek itu membuat jalan desa tersebut longsor.

Hal ini dikatakan oleh Sekretaris Desa Mangun Jayo, Ali Ambran. Dia mengaku kecewa dengan pekerjaan turap yang terbengkalai dan ditinggalkan oleh pekerja. “Yang jelas kami kecewa dangan pekerjaan turap yang ditinggalkan terbangkalai begitu saja. Apalagi tidak ada satupun pekerja dilokasi proyek, “kata Sekdes pada PORTALTEBO.id, Minggu (28/10).

Menurut Sekdes, saat ini telah memasuki musim penghujan yang membuat debit air sungai naik.

Naiknya debit air sungai ini dikhawatirkan akan mengurus tanah tebing sungai yang telah digali oleh pekerja. “Saya saya kesalkan, tanah tebing sungai sudah dikeruk. Sekarang ditinggalkan begitu saja tanpa ada penjelasan kepada perangkat desa,”kesal dia.

Menggingat turap yang akan di bangun sangat penting, Sekdes berharap kepada pihak rekanan agar melanjutkan pekerjaan proyek turap tersebut sesuai dengan batas waktu yang sudah di tentukan,

“Walau saya sedikit pesimis proyek tersebut selesai dikerjakan dengan sisa waktu kontrak pekerjaan, tapi setidaknya dilanjutkan,”harapnya.

Yang dikhawatirkan, jelas dia, saat ini debit air sungai terus naik. Naiknya debit air sungai ini akan berdampak pada longsornya tanah bekas galian proyek tersebut. “Kalau tanah galian longsor, tentu jalan desa kami ikut longsor, “kata dia.

Diketahui, pada papan informasi dilokasi pekerjaan diterangkan, proyek tersebut pada intansi Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi. Nama paket lanjutan pembangunan pengendalian daya rusak air Desa Mangun Jayo, Kabupaten Tebo dengan waktu pelaksanaan 120 hari kalender terhitung dari 27 Agustus sampai 25 Desember 2018. Sumber dana dari APBD Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2018 dengan penyedia CV. Setia Kawan. (p15)