google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 Satgas DD: Tak Perlu Tunggu APIP, Kades Korupsi Segera Proses

Advertisement

Satgas DD: Tak Perlu Tunggu APIP, Kades Korupsi Segera Proses

Kamis, 11 Oktober 2018

Ilustrasi/NET

PORTALTEBO.id - Ketua umum DPP GMPK (Brigjen) Pol Purn, Bibit Samad Riyanto mantan komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan juga ketua Tim Satgas DD menyatakan dengan tegas bahwa, kepada aparat penegak hukum jika mengetahui ada kepala desa yang positif melakukan tindakan korupsi segera saja ditindak. Jangan menunggu penanganan dari Inspektorat atau APIP.

"Jika betul-betul ada pelanggaran hukumnya atau pidana dan ada alat buktinya kuat dan lengkap, Proses saja, tidak perlu di lempar-lempar ke APIP dan itu bisa langsung di proses “tegas Bibit Samad Riyanto, usai menggelar seminar beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan tersebut Bibit Samad Riyanto mengatakan bahwa GMPK ikut berperan serta dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi, seperti dalam kegiatan Dana Desa (DD) di Tebo.

Bibit Samad Riyanto menguraikan, bahwa ada tiga peranan penting dalam mengelola DD.

Pertama adalah pembina pengelola DD yaitu Bupati melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) dan Camat. Dalam pelaksanaan kegiatan DD jangan menunggu ketika Kades kesulitan dalam membuat laporan, dan dia (Kades,red) harus di bantu membuatkan laporannya.

Kedua Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP), jangan sampai menunggu pelaksanaan kegiatan DD habis masa waktunya atau dealine sehingga hal ini di persoalkan dan hal itu jadi mubajir, “harus jemput bola.

Ketiga aparat penegak hukum jangan mengambil ranah abu-abu, “jika betul-betul ada pelanggaran hukumnya atau pidana dan ada alat buktinya, “Proses, tidak perlu di lempar-lempar ke APIP dan itu bisa langsung di proses “tegas Bibit Samad Riyanto.

“Bibit menegaskan, GMPK bukan untuk merusuhi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) justru, malah membantu mereka dengan melakukan pendekatan, karena saya sendiri ketua Tim Satgas DD “ujarnya meyakini. (red)