Siaga Banjir, BPBD Himbau Masyarakat Sepanjang DAS Waspada

Advertisement

Siaga Banjir, BPBD Himbau Masyarakat Sepanjang DAS Waspada

Rabu, 24 Oktober 2018


PORTALTEBO.id - Memasuki musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tebo, Jambi menghimbau kepada masyarakat yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) untuk waspada. Pasalnya, tingginya intensitas hujan beberapa hari terakhir ini membuat air sungai Batanghari naik. Ini disampaikan langsung oleh Kepala BPBD Tebo melalui Kabid Penanggulangan Bencana, Antoni Faksi, Rabu (24/10).

Dijelaskannya, ada 9 kecamatan di Kabupaten Tebo yang masuk daerah rawan bajir, khususnya daerah yang dilintasi sungai Batanghari.

Sembilan kecamatan tersebut yakni kecamatan VII Koto, VII Koto Ilir, Serai Serumpun, Tebo Ulu, Sumay, Tebo Tengah, Tengah Ilir, Tebo Ilir dan Muara Tabir, “Sudah masuk musim hujan. Jadi kita himbau agar masyarakat waspada, “kata Antoni.

Dikatakan Antoni saat ini debit air sungai Batanghari mulai naik. Namun dia belum bisa memastikan apakah debit air tersebut kiriman dari kabupaten tetangga.

“Bisanya selain air dari Tebo, kita selalu mendapat bajir kirim dari ulu, dari Kabupaten Bungo dan Damasraya, Padang,”kata dia.

“Yang jelas saat ini kita sudah siaga banjir,”tutupnya,”pungkasnya. (p01)