WWF Jambi Bersama Siswa dan Siswi SDN 145 Tanam Pohon

Advertisement

WWF Jambi Bersama Siswa dan Siswi SDN 145 Tanam Pohon

Jumat, 26 Oktober 2018


PORTALTEBO.id - World Wide Fund fore Nature (WWF) Indonesia cabang Jambi,  menggelar penanaman pohon di SDN 145 Teluk Kuali, Kecamatan Tebo Ulu, Kabupaten Tebo, Jambi.

Penanaman bibit pohon berbagai jenis ini, melibat anak-anak, majelis guru dan masyarakat di sekitar sekolah tersebut.


Pada kesempatan ini, WWF Indonesia melalui Ariandi Putra mengajak masyarakat dan anak-anak untuk melestarikan lingkungan sekolah. Salah satunya dengan turut berpartisipasi menanam pohon di lingkungan sekolah.

“Kita mengajak semua elemen untuk berupaya membiasakan menanam pohon, dan ini sudah menjadi program nasional. Oleh karenanya bagaimana kita secara bersama-sama melestarikan lingkungan disekitar kita,” ujarnya.

Selain untuk melestarikan lingkungan, lanjut dia, penanaman pohon ini salah satu rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Penanggulangan Bencana.

Menurut dia, bencana tidak hanya gempa dan tsunami saja, namun bisa berupa bencana kabut asap yang disebabkan tebakarnya hutan.

Diakuinya, WWF Indonesia selama 2 tahun terakhir ini fokus memberikan edukasi lingkungan dan kecintaan anak SD dengan menanam pohon. Tujuannya untuk menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap alam “Harapannya nanti jika mereka sudah besar tidak menjadi perusak hutan atau alam, “jelas dia.

Tidak hanya menanam pohon, lanjut Ariandi Putra menjelaskan, pihaknya juga mengajarkan anak-anak untuk tidak membuang sampah sembarangan. Menurut dia, membuang sampah sebarangan bisa merusak lingkungan, terlebih di aliran sungai bisa berdampak kebanjiran. “Lingkungan yang bersih bisa terhindar dari penyakit,”ucapnya.

Sementara, Kepala SDN 145 Teluk Kuali, Kanisda mengucapkan terimakasih kepada WWF Indonesia cabang Jambi yang telah membantu memberi pelajaran lingkungan kepada siswa dan siswi di sekolah yang dia pimpin.

Dengan kegiatan penanaman bibit pohon yang digelar hari ini, dia berharap anak-anak bisa lebih memahami tentang lingkungan hidup. “Anak-anak juga menjadi tahu dampak yang ditimbulkan kalau kita merusak hutan, teruma menebang pohon, “kata dia.

Kepala Desa Teluk Kuali, Zulhefni Yusuf Hari sangat mendukung program tanam bibit pohon yang digelar oleh WWF Indonesia cabang Jambi di SDN 145 Teluk Kuali.

Sebagaimana diketahui, kata dia, sejak WWF meberi pelajaran lingkungan hidup ke beberapa SD di Kabupaten Tebo, anak-anak sedari dini bisa mencintai dan melestarikan lingkungan,”Yang jelas dengan kegiatan ini bisa lebih menimbulkan kecintaan anak-anak pada lingkungan, “singkat Kades. (p15)