Belum Ada Parpol Yang Mendaftarkan Akun Medsos ke KPU

Advertisement

Belum Ada Parpol Yang Mendaftarkan Akun Medsos ke KPU

Selasa, 13 November 2018


PORTALTEBO.id - Masa kampanye bagi partai politik, perorangan calon anggota DPD, calon presiden dan wakil presiden telah dimulai pada 23 September hingga 13 April 2019 nanti.

Namun, hingga saat ini belum satupun partai politik yang melaporkan akun sosial media (medsos) mereka ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tebo. Padahal, pada pemilu kali ini tak semua bisa dilakukan oleh para calon.

“Belum ada satupun partai politik yang mendaftarkan akun medsos, “kata Anggota Komisioner KPU Tebo, Renaldi Zainun dikonfirmasi PORTALTEBO.com.

Dijelaskannya, jadwal untuk kampanye terbuka akan dimulai pada 23 Maret 2019 hingga 21 hari kedepan, atau hingga masuk masa tenang.

Menurut dia, kampanye melalui medsos masuk kedalam kategori kampanye terbuka. “Jadi untuk parpol dibolehkan berkampanye melalui medsos mulai tanggal 23 Maret hingga minggu tenang,”kata dia lagi.

Ditanya apa sanksi bagi parpol ataupun caleg yang melanggar, “Rinaldi menjawab, “Kalo sanksi itu wilayah Banwaslu. Silahkan tanya langsung kepada Banwaslu, “tutupnya.

Diketahui, sesuai aturan kampanye di sosial media dibatasi oleh KPU. Setiap parpol hanya dibolehkan memiliki 10 akun saja dan harus terdaftar di KPU. Contohnya, 10 akun untuk twiter, 10 akun untuk instagram, 10 akun untuk facebook, dan 10 akun untuk sosial media lainnya. Dengan jumlah maksimal 10 akun untuk satu jenis sosial media. (p01)