Disperindag Lirik Potensi Umbi Beracun Jadi Prodak Makanan Olahan

Advertisement

Disperindag Lirik Potensi Umbi Beracun Jadi Prodak Makanan Olahan

Portal
Sabtu, 03 November 2018


PORTALTEBO.di - Gadung merupakan umbi tanaman beracun yang berbahaya bila dikonsumsi. Namun, bila dikelola dengan hati-hati, umbi gadung justru dapat menjadi olahan makanan yang lezat. Ini dikatakan langsung oleh Kabid Industri Dinas Perindustrian Perdagangan dan Ketenagakerjaan (Disperindag Naker) Kabupaten Tebo, Ridwan, beberapa waktu lalu.

Dikatakan Ridwan, pengolahan umbi gadung sedikit rumit dibandingkan jenis umbi umbian lainnya. Pasalnya, belum diolah menjadi bahan makanan, racun yang terkandung pada umbi gadung harus dinetralkan dahulu.

Untuk menetralkan racunnya, umbi gadung dikubak dan diiris, kemudian direndam selama 3 hari didalam air mengalir.

Setelah direndam, irisan umbi gadung diremas atau ditumbuk hingga halus. “Kalau sudah dinetralkan racunnya, umbi gadung bisa langsung diolah menjadi bahan makanan, “kata Ridwan.

Saat ini, lanjut dia, ada beberapa produksi makanan olahan dari umbi gadung, diantaranya tepung gadung, keripik gadung dan dodol gadung.

Meski demikian, kata dia lagi, belum banyak pelaku usaha yang menekuni peluang usaha ini. Padahal, kata dia, umbi gadung yang merupakan tumbuhan menjalar ini sangat mudah didapat. “Mungkin di Tebo masih banyak peluang usaha lain yang hasilnya lebih menjanjikan. Jadi usaha makanan berbahan umbi gadung ini hanya sekedar saja, *tutupnya. (red)