Pasar Tebo Terendam Banjir, Parkiran Jadi Pasar Dadakan

Advertisement

Pasar Tebo Terendam Banjir, Parkiran Jadi Pasar Dadakan

Rabu, 07 November 2018


PORTALTEBO.id - Debit air anak Sungai Batanghari atau sungai Batang Tebo di Kecamatan Tebo Tengah, Kabupaten Tebo, Jambi, terus meningkat. Akibatnya luapan air terlihat mulai menggenangi jalan masuk ke pasar tradisional Tebo.

Tidak itu saja, ratusan kios pedagang ikan san daging juga terendam banjir.

Pasar yang berada tidak jauh dari bibir sungai ini setiap tahun jika masuk musim penghujan dipastikan bakal tergenang. Tak heran puluhan pedagang di pasar bawah yang kios atau los pasarnya berada di dibawah mendadak pindah ke atas akibat lapaknya tergenag air.

Halaman depan pasar yang sedianya juga difungsikan sebagai area parkir kini mendadak berubah jadi pasar tumpah. 75 persen pedagang ayam potong, daging dan ikan memindahkan lapak dagangannya diarea parkir.

Diperkirakan air sungai batang Tebo sejak malam tadi sudah mulai meluap dan masuk hingga ke komplek pasar tradisional.

Gito pedagang ayam menuturkan, waktu ia akan membuka dagangannya tiba tiba sudah air sudah mengepung seluruh lapak pasar. "Malam tadi hujan paginya sayo lihat sudah banjir dibawah," ungkapnya.

Dirinya dan pedagang lainnya mengaku sejak Rabu (7/11) pagi sudah mulai membuka lapak di area parkir yang lokasinya lebih tinggi.

Pantauan media ini dari pagi area parkir sudah dipenuhi pedagang yang lapaknya tergenang air. Belum bisa dipastikan sampai kapan pedagang ini bakal bertahan diarea parkir. Sementara, debit air sungai Batanghari terus meninggi.

Sebelumnya Disperindag bersama Polsek Tebo Tengah sudah melakukan pemantauan terkait meningkatnya debit air sungai di Batang Tebo. Kabid Pasar Perindag Tebo, Edi Sofyan mengatakan pihaknya bersama anggota Polsek Kemarin menyisir area pasar yang berdampingan dengan sungai.

"Sudah kita cek lokasi pasar, memang setiap tahun kalau musim hujan pasti banjir. Cuma dilapak pedagang ayam, itu memang lebih rendah. Kalau bisa box di jalan itu ditutup," kata Edi sofyan.

Sementara, BPBD Kabupaten Tebo menyebut bahwa banjir yang terjadi di Kabupaten Tebo, sebagian sudah mulai surut. "Sekarang  kondisi air di bagian hulu sudah mulai berangsur surut," singkat Kabid Penanggulangan Bencana, BPBD Tebo, Antoni Faksi, Rabu (7/11). (p01/p15)