google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 Pelaku Usaha Dodol Buah Naga Bakal Dimagangkan

Advertisement

Pelaku Usaha Dodol Buah Naga Bakal Dimagangkan

Sabtu, 03 November 2018


PORTALTEBO.id - Dinas Perindustrian Perdagangan dan Ketenagakerjaan (Disperindagnaker) Kabupaten Tebo terus berupaya menjadikan komoditas buah naga menjadi produk olahan yang memiliki nilai tambah ekonomi.

Salah satu upaya Disperindagnaker yaitu menjadikan komoditas buah tersebut menjadi produk jajanan unggulan Tebo, atau yang dikenal dengan dodol buah naga.

Sayangnya upaya ini masih terkendala kualitas. Pasalnya, buah naga yang telah diolah menjadi dodol buah naga tidak bertahan lama. Hal ini dikatakan oleh Kabid Industri Disperindag Naker Kabupaten Tebo, Ridwan.

“Kalo untuk prodak sudah lumayan bagus. Namun kita terkendala pada ketahanan prodak. Dodol buah naga produksi kita paling lama bisa betahan 10 hari,”ujar Ridwan, beberapa waktu lalu.

Di Tebo, kata Ridwan, ada dua kelompok UKM yang fokus mengelola buah naga menjadi dodol. Masing-masing kelompok beranggotakan 20 orang. “Dua kelompok ini sudah kita beri pelatihan, cuma belum juga ditemukan resep agar dodol buah naga prodak kita bisa bertahan lama, “katanya lagi.

Kedepanya, lanjut Riduan, pihaknya bakal menggelar pelatihan atau magang untuk kedua kelompok usaha dodol tersebut. “Bakal kita magangkan. Lokasinya kemungkinan di Garut atau Kudus, atau di Kerinci. Soalnya prodak dodol disana tahan lama, “kata dia. (red)