Program "Jaksa Masuk Rimba" Bangun Gedung Pusat Informasi Orang Rimba

Advertisement

Program "Jaksa Masuk Rimba" Bangun Gedung Pusat Informasi Orang Rimba

Rabu, 07 November 2018


PORTALTEBO.id - Kejaksaan Negeri (Kejari) Tebo melalui program “Jaksa Masuk Rimba” mendirikan gedung pusat informasi Suku Anak Dalam (SAD) atau Orang Rimba di Sungai Bungin, Desa Muara Kilis, Kecamatan Tenggah Ilir, Kabupaten Tebo, Jambi.

Gedung ini nantinya sebagai tempat rujukan masyarakat, komunitas maupun intansi lainnya yang ingin mendapatkan informasi terkait Orang Rimba di Kabupaten Tebo, umumnya di provinsi Jambi.

Pembangunan gedung pusat informasi SAD ini ditandai dengan peletakan batu pertama yang dilakukan oleh Bupati Tebo, Sukandar, Rabu (07/11).

Kajari Tebo, Teguh Suhendro mengatakan, pembangunan gedung pusat informasi SAD ini terlaksana atas bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) Bank BNI 46 pusat sebesar Rp 250 juta.

Kajari berharap gedung tersebut kedepanya menjadi rujukan terkait informasi SAD atau Orang Rimba. “Nantinya gedung ini juga bisa dipakai sebagai akomodasi atau penginapan bagi para pendamping atau wisatawan yang mencoba berpetualang ke pemukiman SAD.

Dijelaskannya, gedung pusat informasi tersebut dibangun semi permanen dua lantai. Pada bagian bawah dengan kontruksi batu dan bagian atas kontruksi kayu. “Tahun ini pembangunannya harus selesai, “kata Kajari.

Lebih jauh dibeberkan Kajari, lantai dasar adalah aula yang nantinya akan ditempatkan barang-barang sejarah maupun barang-barang yang berkaitan dengan perkembangan SAD. “Kita setting seperti miniatur musiam, musiumnya SAD, “kata dia

Untuk lantai atas akan diskat-skata menjadi beberapa ruangan. Fungsinya sebagai kamar pendamping dan kamar tamu, “Kedepanya kita ingin membuka tempat ini seperti wisata budaya, budayanya SAD, “katanya.

Pembangunan gedung pusat informasi ini sangat direspon oleh Bupati Tebo, Sukandar. Menurut dia gedung tersebut adalah yang pertama kali dibangun di provinsi Jambi. “Saya minta jika pembangunan gedung ini selesai, segera dimanfaatkan. Lengkapi dengan buku-buku dan dokumentasi kegiatan SAD selama ini. Biar yang berkunjung kemari bisa tahu seperti apa perkembangan SAD di Tebo, “kata dia.

Agar pembangunan selesai tepat waktu dan kualitas pekerjaan sesuai dengan yang diharapkan, Sukandar minta kepada pendamping SAD, Camat dan Polsek Tengah, Ilir, agar ikut mengawasi pekerjaan. “Mudah-mudahan niat baik dan apa yang kita kerjakan hari ini, semuanya mendapatkan ridho dari Tuhan,”tutupnya.

Diketahui, selain Bupati Tebo Sukandar dan Kajari Tebo Teguh Suhendro, resepsi peletakan batu pertama pembangunan gedung pusat informasi ini dihadiri langsung oleh Dandim 0416/Bute Kolonel Infanteri Wahyu Hadi Soenaryo, Kapolres Tebo AKBP Zainal Arrahman, Ketua Pengadilan Negeri Tebo Ricky Fardinand, SH, Kepala Lapas Ahmad Hardi, pendamping SAD, pengurus yayasan Orang Rimbo Kito dan para undangan yang hadir. (p01)