Sebanyak 286 Jiwa SAD Wajib KTP, Baru Rekam 184 Jiwa

Advertisement

Sebanyak 286 Jiwa SAD Wajib KTP, Baru Rekam 184 Jiwa

Portal
Rabu, 14 November 2018


PORTALTEBO.id - Jelang pelaksanaan Pileg dan Pilpres April 2019 mendatang, Dinas Capil Tebo Terus mengoptimalkan perekaman e-KTP. Salah satu target sasarannya adalah masyarakat SAD yang ada di Tebo yang belum memiliki e-KTP.

Kabid Kependudukan di Dinas Dukcapil Tebo, Bekti Fery saat disambangi diruangannya menuturkan, jumlah jiwa masyarakat SAD dikabupaten Tebo seluruhnya ada 678 jiwa. Jumlah tersebut kata dia, hanya sekitar 286 warga SAD yang wajib KTP.

"Sisanya sekitar 300an itu anak anak dan belum wajib KTP," ucapnya.

Sementara itu Dinas Dukcapil terus berupaya menuntaskan penyelesaian baik perekaman maupun cetak KPT hingga sebelum pelaksanaan Pilpres dan Pileg mendatang. Dari laporan staf Capil yang biasa mendata dan merekam warga SAD,  sebanyak 183 warga SAD yang sudah merekam dan memiliki e-KTP.

"Sudah ada sebanyak 183 yang merekam. Itu langsung kita cetak dan kita serahkan ke mereka," sebutnya.

Sebagai informasi untuk masyarakat dan pemerintah Tebo jumlah warga SAD yang ada di Kabupaten Tebo tersebar di tiga kecamatan. Kecamatan yang dimaksud adalah Kecamaran Muara Tabir di Desa Tanag Garo sebanyak 460 jiwa, Kecamatan Tengah Ilir Desa Muara Kilis sebanyak114 jiwa.

"Sisanya lagi di Kecamatan VII Koto desa Sungai Abang sebanyak 65 jiwa," ujar Bekti.

Diharapkan kata Bekti sebelum pelaksanaan Pilegvdan Pilres mendatang pendataan untuk wajib KTP baik masyarakat Tebo maupun SAD sudah rampung. Pasalnya Dukcapil dan KPU Tebo terus berkoordinasi melakukan pendataan terkait daftar data pemilih untuk Pilpres mendatang. (red)