google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 Tebo Tetapkan Status Siaga Banjir Hingga Desember 2018

Advertisement


Tebo Tetapkan Status Siaga Banjir Hingga Desember 2018

Jumat, 09 November 2018


PORTALTEBO.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tebo melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tebo, mulai hari ini Jumat (09/11), menetapkan status siaga banjir hingga Desember 2018 nanti.

Ini disampaikan langsung oleh Kepala BPBD Tebo, Hari Sugiarto usai gelar rapat bersama tim Satuan Tugas (Satgas) Bencana di ruang rapat Sekretaris Daerah (Sekda) Tebo.

“Hasil rapat kita bersama dinas terkait dan para camat se Kabupaten Tebo, mulai hari ini status Tebo Siaga Banjir, “ujar Hari dikonfirmasi.

Diakui Hari saat ini curah hujan di wilayah Kabupaten Tebo masih tinggi. Namun banjir atau air yang merendam beberapa desa di beberapa kecamatan sudah mulai menyurut. “Laporan dari kecamatan ada beberapa daerah yang terendam banjir airnya sudah menyurut. Katanya banjir yang melanda wilayah kita adalah kiriman dari wilayah Ulu,”tuturnya.

“Jadi penetapan status siaga banjir ini untuk antisipasi tingginya curah hujan dan banjir kiriman dari Ulu. Itu yang harus kita siasati, “kata dia lagi.

Untuk itu, Hari menghimbau kepada masyarakat yang tinggal di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) agar tetap waspada. “Surat edaran dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan hingga Desember 2018 curah hujan tinggi. Jadi saya minta masyarakat tetap waspada,”kata dia.

Disinggung soal data korban banjir, Hari menjelaskan, “Data yang kita terima ada sekitar 500 rumah yang terendam. Ada juga beberapa hektar sawah dan kebun masyarakat juga terendam. Kalo korban jiwa tidak ada, “tutup dia. (p01)