Jumlah Kasus Lakalantas di Tebo Menurun

Advertisement

Jumlah Kasus Lakalantas di Tebo Menurun

Portal
Senin, 31 Desember 2018


PORTALTEBO.id - Jumlah kasus kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di wilayah hukum Polres Tebo tahun 2018 ini menurun dibanding tahun 2017. Hal ini disampaikan langsung oleh Kapolres Tebo AKBP Zainal Arrahman saat press release di Mapolres Tebo, Senin (31/12/2018).

Dijelaskannya, tahun 2018 ini jumlah lakalantas sebanyak 53 kasus. Dibandingkan tahun 2017, jumlah tersebut menurun sebanyak 7 kasus. “Tahun 2017 kemarin lakalantas sebanyak 60 kasus, “kata kapoles Tebo.

Dari 54 kasus lakalantas tahun 2018 ini, beber Kapolres, 32 korban meninggal dunia, 14 korban mengalami luka berat dan 67 korban mengalami luka ringan. “Total jumlah kerugian diperkirakan 785 juta rupiah, “jelas dia.

Sementara di Tahun 2017, lanjut Kapolres, dari 60 kasus lakalantas 26 korban meninggal dunia, 12 korban luka berat dan 60 korban luka ringan. “Jumlah kerugian material keseluruhan mencapai 840 juta rupiah, “jelas dia lagi.

“Rata-rata kecelakaan disebabkan kondisi jalan rusak, kurangnya kesadaran pengendara dan kurangnya rambu-rambu peringatan. Hanya di kawanan tertib lalulintas (KTL) saja yang kondisnya rambu-rambu peringatan lumayan lengkap, “kata Kapolres lagi.

Menurut Kapolres, di wilayah hukum Polres Tebo kesa­daran masyarakat untuk tertib dalam berkendara mulai meningkat, seperti menggunakan helm dan mema­tuhi aturan lalulintas lainnya.

Untuk lebih menekan angka lakalan­tas di Tebo ke depan, dia meng­harapkan kepada semua masya­rakat pengguna jalan raya agar tidak melanggar aturan berlalulintas. Sebab, mentaati aturan merupakan salah satu ben­teng pertahanan masing-masing pengendara agar terhindar dari laka­lantas.

“Saya mengharapkan kepada ma­sya­rakat pengguna jalan agar lebih ber­hati-hati dalam ber­­kendaraan,”harap dia.

Selain itu, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berkendaraan, pihaknya juga akan lebih gencar melaksanakan sosialisasi. “Mudah-mudahan angka lakalantas di Tebo ke depan lebih menurun lagi,” tutup dia. (p01)