Ratusan Warga Antusias Mengikuti Gerakan “Jemput Bola Serantak Nasional” Disdukcapil

Advertisement

Ratusan Warga Antusias Mengikuti Gerakan “Jemput Bola Serantak Nasional” Disdukcapil

Kamis, 27 Desember 2018


PORTALTEBO.id - Ratusan jiwa masyarakat Tebo antusias mengikuti gerakan “Jemput Bola Serantak Nasional” yang dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tebo, di kantor Kecamatan Rimbo Bujang, Kamis (27/12/2018).

Hal ini terlihat, sedari pagi ratusan warga Kecamatan Rimbo Bujang dan sekitarnya telah memadati aula kantor Camat Rimbo Bujang. Kedatangan warga ini untuk melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el).

“Alhamdulillah, masyarakat sangat merespon program kita ini,”kata Kepala Disdukcapil Tebo melalui Kabid Kependudukan dan Capil, Bekti Fery Densi, disela perekaman data KTP-el.

Diketahui, gerakan “Jemput Bola Serantak Nasional” ini dilakukan oleh Disdukcapil Tebo sesuai surat pemberitahuan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Surat tersebut menginformasikan kepada jajaran Disdukcapil di 514 kabupaten/kota serentak secara nasional melaksanakan perekaman KTP-el pada tanggal 27 Desember 2018 atau hari ini.

Gerakan ini dilakukan dalam rangka ulang memenuhi hak konstitusional bagi para pemilih. “Intinya hari ini kita melaksanakan perekaman data KTP elektronik bagi pemilih pemula demi kepentingan Pemilu 2019,”kata Bekti beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan bahwa hasil perekaman KTP elektronik ini nantinya akan dilaporkan secara berjenjang kepada Gubernur. Selanjutnya, Gubernur melaporkan kepada Menteri Dalam Negeri melalui Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil. “Jadi hasil kegiatan hari ini akan kita laporkan ke Gubernur, “ujarnya.

Demi mensukseskan program ini, Bekti meminta masyarakat untuk aktif melakukan perekaman e-KTP tanpa menunggu tindakan dari Dukcapil. “Silahkan datang langsung ke Kantor Camat Rimbo Bujang, khususnya masyarakat Kecamatan Rimbo Ulu, Rimbo Ilir dan Kecamatan Rimbo Bujang sendiri, “tegas dia.

Ditegaskanya juga, pada program ini, pihaknya tidak hanya melakukan perekaman data, namum bagi masyarakat yang telah memenuhi syarat dan aturan akan dilanjutkan dengan pencetakan KTP elektronik. “Pellayanan ini akan kita gelar sampai malam, “tutup dia.

Diketahui, sebelumnya Disdukcapil Tebo juga telah melaksanakan layanan jemput bola di Kecamatan Tebo Tengah, tempatnya di halaman minimarket Nikimi, Kelurahan Pasar Muara Tebo. (red)