Sekda dan Disdukcapil Tebo Musnakan Ribuan KTP-el

Advertisement

Sekda dan Disdukcapil Tebo Musnakan Ribuan KTP-el

Selasa, 18 Desember 2018

PHOTO : Sekda Tebo, Teguh Arhadi, Kepala Disdukcapil Tebo dan staf saat membakar ribuan KTP-el

PORTALTEBO.id - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tebo, Teguh Arhadi bersama Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tebo, Prayitno beserta staf, Selasa (18/12/2018), membakar ribuan Kartu Tanda Kependudukan Elektronik (KTP-el) invalid, di halaman belakang kantor (Disdukcapil) Tebo.

Sekda Tebo, Teguh Arhadi mengatakan bahwa pembakaran ribuan KTP-el ini untuk memusnakan KTP-el yang invalid. “Kita musnakan dengan cara dibakar. Total jumlahnya 9.570 keping,”kata Teguh usai membakar ribuan keping KTP-el

Dijelaskan Sekda, dokumen KTP adalah dokumen pribadi. Ketika ada pembaharuan data, tentu dokumen lama (KTP  lama,red) tidak berlaku lagi, namun itu tetap dokumen. “Kalo menurut aturan Capil dokumen (KTP,red) yang rusak harus diganti. Dan yang rusak itu tidak boleh sembarangan di buang. Sebab kalo dibuang sembarangan dikhawatirkan bakal digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk disalahgunakan, “kata dia.

“Jadi pembakaran ribuan KTP-el ini untuk memusnakan KTP-el yang invalid. Kita musnakan dengan cara dibakar. Total jumlahnya 9.570 keping,”kata Teguh.

Di tempat yang sama, Kepala Disdukcapil Tebo, Prayitno menjelaskan bahwa 9.570 keping KTP-el yang dimusnahkan adalah KTP-el yang ditarik dari pemiliknya dan dikumpulkan dari tahun 2012 sampai 13 Desember 2018. “Hari ini kita musnakan dengan cara dibakar, “kata dia.

Pemusnahan ini, kata Prayitno, dilakukan oleh seluruh Dinas Dukcapil seluruh Indonesia, “Ini sesuai intruksi dari kementerian Dukcapil. KTP-el invalid harus dimusnahkan dengan cara dibakar dan ini akan terus dilakukan hingga batas waktu yang tidak ditentukan,”kata dia. (red)