Tim Temukan Pangkalan Jual Gas 3 Kg Diatas HET

Advertisement

Tim Temukan Pangkalan Jual Gas 3 Kg Diatas HET

Portal
Kamis, 06 Desember 2018

PHOTO : Tim Disperindag, Ekpem dan Intel Polres Tebo saat sidak di pangkalan gas 3 Kg
Edi Sofyan : Surat edaran dari gubernur Jambi 1 tabung gas 3 kg harganya Rp 18 ribu
PORTALTEBO.id - Tim yang terdiri dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag), tim Ekonomi Pembangunan (Ekpem)  Setda dan Intel Polres Tebo, dikagetkan masih banyaknya ditemukan pangakalan gas di Tebo yang melayani pembelian gas melon ke Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Tebo, Jambi.

Tidak itu saja, tim ini juga menumukan pangkalan yang menjual gas bersubsidi tersebut diatas Harga Eceran Tertinggi (HET), yakni Rp 30 ribu per tabung.

Temuan ini setelah tim ini melakukan pemantauan di tiap pangkalan yang ada di Tebo.

Seperti yang terpantau di salah satu pangkalan gas 3 Kg di Kecamatan Tebo Tengah. Pada pangkalan ini terdata jumlah konsumen hingga mencapai ribuan KK.

Dari data tersebut diketahui masih banyak nama konsumen gas melon berstaus PNS Tebo. Selain menemukan konsumen berstatus PNS, petugas juga masih menemukan harga gas melon eceran mencapai Rp 30 ribu.

Kabid Pasar Dinas Perindag Tebo, Edi Sofyan, mengakui masih banyak konsumen pangkalan gas melon adalah PNS Tebo. Pengakuan ini setelah terpantau dari data konsumen yang ada di tiap pangkalan.

"PNS, TNI POLRI, Pegawai Bank jangan menggunakan gas melon. Gas melon dialokasikan untuk UKM dan masyarakat bawah," pintanya.

Dia mengatakan bahwa, dari empat pangkalan yang disidak rata rata memiliki data pelanggan mencapai ribuan KK. Untuk itu Edi menyarankan kalau bisa data pelanggan sebaiknya dipecah atau dibagi dua.

Selanjutnya kata dia, ada juga soal keinginan pemilik panggalan yang minta bisa tidak satu panggakal ambil gas di dua agen. "Soal itu nanti kita bahas dengan kabag Ekpem seperti apa regulasinya. Secepatnya bakal kita bahas," kata Edi.

Dia menegaskan jika masih ada ditemukan agen panggkalan yang penjual gas melon diatas harga het, pihaknya tidak segan segan bakal melakukan tindakan tegas. "Kalau masih ingin bersahabat silahkan ikuti aturan. Kalau tidak mau diatur ya kita libas," tegas Edi lagi.

Disampaikan Edi harga resmi gas melon di tiap pangkalan berdasarkan surat edaran dari gubernur jambi 1 tabung gas 3 kg harganya Rp 18 ribu.

Sementara, ibu rumah tangga di Kecamatan Tebo Tengah, Kabupaten Tebo, Wahyuni mengaku jika sudah beberapa hari ini gas melon 3 Kg sulit didapat. “Kalo soal harga dari dulu-dulu memang segitu. Berkisar Rp 28 ribu sampai Rp 30 ribu per tabung. Tapi itu ndak masalah yang penting ketika dibutuhkan ada, “kata dia. (red)