Wisata Lubuk Tembesu Terendam Banjir

Advertisement

Wisata Lubuk Tembesu Terendam Banjir

Portal
Jumat, 07 Desember 2018


PORTALTEBO.id - Tingginya curah hujan beberapa hari ini membuat lokasi wisata Lubuk Tembesu di Bungkal, Kelurahan Pasar Muara Tebo, Kecamatan Tebo Tengah, terendam banjir.

Akibatnya banyak pengunjung tempat wisata tersebut yang harus berputar arah dan membatalkan kunjungannya.

“Kemarin kesana (wisata Lubuk Tembesu). Lokasinya banjir, jadi putar arah dan langsung pulang, “kata salah seorang warga yang hendak berkunjung.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tebo mencatat sejumlah desa rawan terhadap banjir ketika memasuki musim penghujan.

Desa yang rawan banjir umumnya berada di pinggiran Sungai Batanghari, sehingga ketika debit air naik pada ketinggian tertentu maka rumah warga banyak terendam.

Kawasan Kecamatan Muara Tabir di desa Tabun Arang, Olak Kemang, Lintas Tuo, dan Bangko Pintas. Di Kecamatan Tebo Ilir di desa Kunangan. Kecamatan Tengah Ilir di desa  Lubuk Madrasah dan Kecamatan Tebo Tengah yakni desa Aburan Batang Tebo, Mangunjayo dan desa Sungai Alai.

"Ini akan terjadi banjir jika debit sungai Batanghari mengalami kenaikan. Naik ke pemukiman, karena pemukiman masyarakat ada yang berada di lokasi rawan banjir," ujar Kepala BPBD Kabupaten Tebo, Hari Sugiarto.

Dikatakannya, curah hujan tinggi biasanya terjadi di Bulan November hingga Desember  hingga Januari yang diperkirakan menjadi puncak musim penghujan.

" Kalau sekarang memang kenaikan debit air Sungai Batanghari juga belum signifikan dan cenderung fluktuatif," kata Hari Sugiarto.

Nantinya BMKG akan memberitahukan secara rinci hasil pengamatan dan disampaikan ke BPBD yang ada di Kabupaten/Kota. (red)