10 Tahun Lebih, 17 Kios di Pasar Sungai Bengkal Diduga Belum Memberikan Kontribusi

Advertisement

10 Tahun Lebih, 17 Kios di Pasar Sungai Bengkal Diduga Belum Memberikan Kontribusi

Portal
Rabu, 16 Januari 2019


PORTALTEBO.id - Pemeriksaan secara uji petik laporan hasil Badan Pemeriksaan Keuangan terhadap laporan keuangan Pemerintah Daerah (Pemkab) Kabupaten Tebo Tahun 2017, yang diterbitkan pada 28 Mei 2018, kios yang dimiliki Pemkab Tebo yang terletak di pasar pelabuhan Sungai Bengkal, Kecamatan Tebo Ilir, menunjukkan bahwa terdapat 17 kios yang dibangun di atas tanah miliki Pemkab Tebo.

Berdasarkan pemeriksaan dokumen berupa surat Bupati Tebo Nomor 641/286/Perek tanggal 26 Februari 2000, perihal Izin Prinsip Pembangunan Toko di atas Tanah Pemda, dan surat PT ZU tentang Penyerahan Hak Pakai, serta tanda terima uang tentang Pembelian Hak Guna Bangunan selama 20 Tahun, sepetak Toko milik Pemkab Tebo ukuran 3 m x 6 m di Pasar Sungai Bengkal Kecamatan Tebo Ilir.

Dan berdasarkan Surat Bupati Tebo Nomor 641/286/Perek tanggal 26 Februari 2000 dan permintaan keterangan secara uji petik kepada pemilik toko diketahui bahwa, kios tersebut dibangun oleh PT ZU dengan perjanjian penyerahan hak pakai berdasarkan Surat Perjanjian Kerjasama antara Pemkab Tebo dengan PT ZU. Perjanjian ini dibuat dengan Akta Notaris AA, S.H. di Muaro Bungo dengan Nomor 11/2000 tanggal 11 April 2000.

Dalam dokumen tersebut dinyatakan bahwa, bangunan berupa kios yang dibangun oleh PT ZU tersebut diperuntukan untuk 17 orang, dan ukuran kios tersebut masing-masing seluas 3 m x 6 m.

Dalam surat perjanjian tersebut  juga diketahui bahwa, hak pakai atas kios tersebut berlaku sejak tanggal 1 Februari 2001 sampai dengan 1 Februari 2021.

Sementara, keterangan dari pemilik kios diketahui bahwa pada saat kios tersebut dibangun warga yang akan menempati kios tersebut diminta membayar sejumlah uang sebesar Rp10.000.000,00 untuk pembelian Hak Guna Bangunan selama 20 tahun.

Hasil konfirmasi lebih lanjut dengan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Tenaga Kerja diketahui bahwa, sampai sekarang belum ada kontribusi dari PT ZU atas pemanfaatan tanah milik Pemkab Tebo tersebut.

Pemanfaatan aset Pemkab Tebo berupa tanah oleh PT ZU yang di atasnya telah dibangun kios yang seharusnya memberikan kontribusi kepada Pemkab Tebo.

Terkait temuan ini, Kadis Perindag Naker Tebo melalui Edi Sofyan Kabid Perdagangan Disperindag Naker Tebo, menegaskan jika persoalan kios tersebut sudah diselesaikan. “Sudah lunas bang, “kata Edi Sofyan via WA beberapa waktu lalu.

Saat diminta bukti pelunasan atas kontribusi kios tersebut, Edi belum bisa menunjukan. Dia mengaku lagi berada di Jakarta, “Saya masih di Jakarta bang,”katanya. (red)