Caleg Partai Nasdem Terancam Dicoret dari DCT

Advertisement

Caleg Partai Nasdem Terancam Dicoret dari DCT

Portal
Jumat, 25 Januari 2019


PORTALTEBO.id - Agenda sidang Bawaslu Tebo Kamis (23/1) ini membacakan laporan pengaduan dari anggota Panwascam Tengah Ilir atas dugaan pelanggaran administrasi yang dilakukan oleh salah satu caleg dari partai Nasdem. Pembacaan laporan tersebut langsung menghadirkan pelapor dari Panwascam guna tertib persidangan.

Surahman, Anggota Bawaslu Tebo saat diwawancarai usai sidang menuturkan, hari ini pihaknya menggelar sidang pembacaan laporan pengaduan dari pihak Panwascam Tengah Ilir. Sementara pasca sidang perdana ini pihaknya bakal menlanjutkan agenda sidang pemeriksaan dengan menghadirkan pelapor yakni pihak Panwascam dan terlapor pihak caleg atas nama Yusar dari partai Nasdem.

"Tahapannya masih panjang, kemungkinan sampai tujuh kali sidang hingga putusan," ungkap Surahman.

Saat disinggung apakah laporan panwascam ini indikasinya sudah mengarah ke pelanggaran, Surahman tidak menampik. Dirinya bilang caleg yang bersangkutan sudah melanggar administratif. Pasalnya ketika mendaftarkan sebagai caleg di KPU yang bersangkutan tidak mengikuti prosedur pencalonan.

"Dia masih dinyatakan sebagai tenaga honor di pemkab Tebo, dan ini yang bakal kita tindaklanjuti guna mengambil keputusan," sebutnya.

Surahman juga mengatakan jika proses pemeriksaan dan persidangan yang bersangkutan terbukti melakukan pelanggaran, kiranya kepada KPU untuk mencoret dari DCT.

Sejauh ini laporan baik dari pihak pelapor maupun terlapor sudah memenuhi bukti formil dan materiil. Sementara berdasarkan pengakuan terlapor pasca tim Bawaslu memanggil untuk meminta klarifikasi, yang bersangkutan memang mengakui.

"Ya terlapor kepada kita sudah pernah kita periksa dan dia mengakui," sebutnya. (red)