Ngaku Kenal Dekat Dengan Kapolres, OTK Berhasil Tipu Puluhan Juta Uang Warga Rimbo Bujang

Advertisement

Ngaku Kenal Dekat Dengan Kapolres, OTK Berhasil Tipu Puluhan Juta Uang Warga Rimbo Bujang

Rabu, 23 Januari 2019

Kapolres Tebo, AKBP Zainal Arrahman 

PORTALTEBO.id - Salah seorang warga Kecamatan Rimbo Bujang, Iwan yang saat ini keluarganya tengah tersandung kasus di Polres Tebo, Rabu (23/01/2019), menjadi korban penipuan orang tidak dikenal (OTK).

Modus pelaku ini dengan cara menghubungi korban via telepon dan memgaku kenal dekat dengan Kapolres Tebo, AKBP Zainal Arrahman. Dia (OTK) meyakinkan korban kalau dirinya bisa menyelesaikan kasus yang tengah menimpa korban.

Bahkan, pelaku juga meyakinkan korban jika dirinya mampu membebaskan keluarga korban yang saat ini ditahan di Mako Polres Tebo.

OTK ini pun meminta korban untuk mengirimkan sejumlah uang ke rekening BRI sesuai permintaan pelaku.

Karena panik, korban langsung percaya jika OTK tersebut bisa membebaskan keluarganya. Korban pun langsung mengirimkan uang puluhan juta rupiah kepada OTK tersebut.

“Ya nama Kapolres di catut oleh orang tak di kenal. Ini berdasarkan laporan korban yang sudah mengirimkan uang puluhan juta ke pencatut," kata Kapoles Tebo melalui Kasat Reskrim Polres Tebo AKP Hendra Wijaya Manurung, Rabu (23/01/2019).

Dijelaskan Kasat, dari keterangan korban, dia telah mengirim uang sebesar Rp40 juta. Selain itu, korban juga mengirimkan pulsa sebesar 600 ribu rupiah nomor HP pelaku. “Jadi totol kerugian yang dialami korban sekitar Rp44,6 juta, “tegas Kasat.

Atas kejadian tersebut, Hendra meminta kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya dan tidak melayani permintaan yang mengatasnamakan Kapolres maupun nama pejabat di lingkup Polres Tebo.

"Sekarang banyak penipu dengan modus mengatasnamakan anggota. Untuk itu saya minta warga agar berhati-hati dan jangan cepat percaya dengan orang yang tidak dikenal," pungkas Kasat. (red)