Nikmatnya Sambal Kering Khas Dusun Sumber Anom Desa Bedaro Rampak, Penasaran? Ini Resepnya

Advertisement

Nikmatnya Sambal Kering Khas Dusun Sumber Anom Desa Bedaro Rampak, Penasaran? Ini Resepnya

Portal
Minggu, 20 Januari 2019

Proses pembuatan sambal tekering khas Dusun Sumber Anom, Desa Bedaro Rampak. (foto: Hendri Tole)

PORTALTEBO.id - Selain wisata alam dan bahari, ternyata Indonesia memiliki pesona kelezatan kuliner yang khas dan menarik.

Seperti di Dusun Sumber Anom, Desa Bedaro Rampak, Kecamatan Tebo Tengah, Kabupaten Tebo, yang merupakan sebuah daerah produksi makanan khas daerah yaitu Tempe.

Tempe, siapa sih yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini, tempe adalah makanan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain mengandung sumber protein karena bahan dasar tempe ini adalah kedelai. Tempe adalah makanan yang dibuat dari fermentasi terhadap biji kedelai atau beberapa bahan lain yang menggunakan beberapa jenis kapang Rhizopus, seperti Rhizopus oligosporus, Rh. oryzae, Rh. stolonifer, atau Rh. arrhizus. Sediaan fermentasi ini secara umum dikenal sebagai "ragi tempe".

Proses pembuatan sambal tekering khas Dusun Sumber Anom, Desa Bedaro Rampak. (foto: Hendri Tole)

Tempe merupakan bahan dasar makanan yang bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan yang beraneka ragam. Seperti bacem tempe, sambal tempe, bahkan kripik tempe dan lain-lainnya.

Bahkan tempe sering di jadikan campuran untuk berbagai macam hidangan ala Indonesia.

Namun berbeda dengan masyrakat Dusun Sumber Anom, Desa Bedaro Rampak.
Selain sebagai daerah pemroduksi tempe dan juga makanan khas lainnya, di dusun ini tempe diolah menjadi makanan yang khas yaitu "SAMBAL KERING".

Sambal kering tempe khas Dusun Sumber Anom, Desa Bedaro Rampak. (foto: Hendri Tole)

Sambal Kering yang berbahan dasar tempe ini merupakan makanan khas turun temurun dari nenek moyang hingga saat ini di daerah tersebut.

Di setiap acara-acara yang diadakan di daerah ini, baik itu pernikahan, sunat rosul, dan acara-acara lainnya, sambal kering ini merupakan makanan yang wajib diolah dan tersedia di tengah-tengah masyarakat.

Adapun bumbu-bumbu yang di siapkan untuk pengolahan sambal kering ini adalah sebagai berikut :

Bahan :
1.Tempe.
2. Goreng kentang sebagai campuran.
3. Ikan teri juga sebagai campuran.

Bumbu-bumbunya adalah sebagai berikut :
1. Bawang putih
2. bawang merah
3. Laos
4. serai
5. gulo merah
6. santan
7. asem
8. cabe
9. kecap
10. gulo
11. garam
12. dll

Proses pembuatan sambal kering ini pun cukup sederhana sebagaimana masakan yang lainnya. Diawali dengan memasukkan bumbu dan diberi air lalu sambil diaduk di atas bara api, lalu di beri kecap. Terakhir tempe yang sudah di cincang dan goreng kentang serta ikan teri dimasukkan kedalam bumbu yang tengah di masak sambil diaduk.

Masakan khas daerah merupakan warisan budaya yang harus kita jaga dan lestarikan. Jadi, jangan malu untuk menunjukkan kecintaan kita terhadap kuliner dalam negeri. Ini bagian dari menjaga kebudayaan juga, loh. Karena jika bukan kita sendiri yang melestarikannya, siapa lagi?. (Hendri Tole/red)