google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 Polres Tebo Terima 28 Laporan Dugaan Penyalahgunaan Dana Desa, 8 Desa Terindikasi

Advertisement


Polres Tebo Terima 28 Laporan Dugaan Penyalahgunaan Dana Desa, 8 Desa Terindikasi

Jumat, 18 Januari 2019

Ilustrasi/net

PORTALTEBO.id - Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Tebo, menerima 28 laporan dugaan penyimpangan atau penyalahgunaan dana desa (DD) di Kabupaten Tebo.

Setelah ditindaklanjuti dan dilakukan penyelidikan, hanya 8 desa yang yang terindikasi dan kini berkasnya sudah diserahkan ke Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Kabupaten Tebo. "Proses lidik sudah kita lakukan, berkas 8 desa sudah kita limpahkan ke APIP," kata Ini dikatakan langsung oleh Kasat Reskrim Polres Tebo, AKP Hendra Wijaya beberapa waktu lalu.

Namun, lanjut Hendra, satu desa lagi masih dalam proses pengumpulan data. Pasalnya beberapa bukti masih ada yang belum terpenuhi. "Satu desa masih kita lakukan pulbuket," sebutnya.

Sejauh ini pihaknya masih menunggu respon APIP untuk menindaklanjuti proses penyelidikan. Dan selama masih diproses oleh APIP, polisi belum bisa memenuhi kewenangan sebagai penyidik.

"Aturannya begitu, setelah dari APIP tidak tertangani lagi baru penindakannya diserahkan ke kita," kata Hendra.

Sementara itu berdasarkan hasil penyelidikan Tipikor Polres Tebo, kerugian negara ditiap desa bervariatif mulai dari kisaran puluhan juta hingga yang ratusan. Hendra juga enggan membeberkan desa mana saja yang terindikasi tindak pidana korupsi. "Belum bisa kita sampaikan," tutupnya. (red)