Sakit Paru-paru, Temenggung Ngukir Dirawat di RSUD Tebo

Advertisement

Sakit Paru-paru, Temenggung Ngukir Dirawat di RSUD Tebo

Jumat, 04 Januari 2019


PORTALTEBO.id - Temenggung Ngukir, mantan pimpinan Suku Anak Dalam (SAD) Tanah Garo Desa Tanah Garo, Kecamatan Muara Tabir, sudah 3 hsri ini dirawat di ruang penyakit dalam RSUD STS Tebo karena menderita sakit paru-paru.

Ditemani dan dijaga oleh anaknya Nangok,
Temenggung Ngukir hanya bisa terbaring lemas. Tampak selang oksigen tersambung ke hidungnya untuk membantu pernapasan. “Ini sudah hari ketiga bapak dirawat disini. Kata dokter, bapak sakit paru-paru, “kata Nangok, Jumat (04/01/2019).

“Dada bagian kiri terasa sesak sekali dan berasa panas,”sambung Temenggung Ngukir.

Sebelumnya, kata Temenggung, dirinya dirawat di Puskesmas Pintas Tuo, Kecamatan Muara Tabir. Namun, kesal dia, selama tiga hari dirawat disana, tidak sekalipun mendapat penanganan dari dokter. “Cuma ditanggani perawat saja,”ungkap dia.

Dia mengaku sangat kesal dan marah. Alasannya, dokter yang bertugas di Puskesmas tersebut hanya sibuk mengobati pasien di Spd Kabupaten Merangin. “Masa selama tiga hari dirawat, dokternya ndak pernah ngecek kesehatan saya, “kesal dia.

Untuk biaya rumah sakit, kata Temenggung Ngukir, saat ini sudah tanggulangi oleh pemerintah. Meski demikian, dia merasa resah karena tidak memiliki biaya untuk membeli makanan bagi anak-anaknya yang menjaga selama dia dirawat.

“Kalo untuk biaya pengobatan memegang tidak bayar lagi, semua sudah ditanggung. Tapi kan anak-anak yang jaga disini butuh biaya, setidak-tidaknya biaya untuk makan sehari-hari, “ucapnya.

“Kasihan anak-anak mau makan apa, ndak ada duit. Mau mencari ndak bisa karena harus menjaga saya. Jadi saya butuh biaya untuk makan sehari-hari bagi anak-anak saya yang menjaga saya disini, “kata dia.

Terpisah, salah seorang perawat di RSUD STS Tebo membenarkan jika Temenggung Ngukir sudah 3 hari dirawat di ruang Penyakit Dalam. “Pak Temenggung mengalami sakit TBC,”singkat dia. (p01)