Terserang ISPA, Belasan warga SAD Berobat di Puskesmas Teluk Rendah

Advertisement

Terserang ISPA, Belasan warga SAD Berobat di Puskesmas Teluk Rendah

Portal
Minggu, 20 Januari 2019

FOTO : Salah seorang warga SAD dirujuk ke Puskesmas Sungai Bengkal. (doc. Puskesmas Teluk Rendah)

PORTALTEBO.id - Belasan orang warga Suku Anak Dalam ((SAD) di Desa Teluk Rendah Ilir, Kecamatan Tebo Ilir, Kabupaten Tebo, terserang penyakit
infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga ikut terserang penyakit saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus influenza tersebut.

Kepala Desa (Kades) Teluk Rendah Ilir, Jasmi mengatakan, 19 orang SAD tersebut sudah dibawa berobat ke Puskesmas Teluk Rendah. “Sudah dibawa berobat. Sekarang mereka (SAD) menjalani rawat jalan saja,”kata Jasmi, Minggu (20/01/2019).

Namun, lanjut dia, ada satu orang SAD yang dirawat karena kondisi dalam keadaan hamil. “Karena hamil, jadi terpaksa di rawat di Puskesmas Sungai Bengkal. Karena di Puskesmas itu peralatanya lebih lengkap, “kata dia.

Kepala Puskesmas Teluk Rendah, Indra Utama membenarkan ada SAD yang berobat karena terserang ISPA. Dia menjelaskan untuk saat ini kondisi SAD masih bisa dirawat jalan.

Menurut dia, gejala ISPA yang menyerang SAD disebabkan adanya virus influenza atau flu. "Orang yang terkena virus penyebab influenza akibat menghirup udara yang sudah tercemar virus dari orang lain yang terinfeksi. Misalnya melalui batuk atau bersin, atau dari menyentuh sesuatu yang sudah disentuh orang yang terinfeksi,”jelas dia.

Selain itu, Indar juga menjelaskan, influenza bisa menyebar melalui kontak dengan hewan yang terinfeksi, atau memakan daging hewan yang terserang influenza, “Jadi ada berbagai macam penularan ISPA, “katanya. (red)