Tumino Gugat PAN Tebo, Sebut Untuk PAW Dikenakan Biaya Sampai Rp150 Juta

Advertisement

Tumino Gugat PAN Tebo, Sebut Untuk PAW Dikenakan Biaya Sampai Rp150 Juta

Selasa, 29 Januari 2019

Ilustrasi/NET

PORTALTEBO.id - Tidak terima dirinya dipecat sebagai anggota Partai Amanat Nasional (PAN) Tebo, Tumino salah seorang Calon Anggota Legislatif partai berlambang matahari pada Pemilihan Legislatif 2014 silam menggugat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Tebo ke Pengadilan Negeri (PN) Tebo, Senin (28/01/2019).

Tumino mengatakan bahwa dirinya akan menggugat DPD PAN Tebo dan sejumlah oknum pengurus DPD PAN Tebo dugaan rekayasa pengunduran dirinya yang berdampak kepada diberhentikan dirinya oleh DPP PAN.

"Saya tidak pernah mengajukan pengunduran diri, dan waktu diverifikasi oleh DPP yang dilakukan oleh sekjen DPP yang waktu itu ada saksinya bang Subirman, pak sekjen bilang selama saya tidak menjadi pengurus parpol lain dan tidak mengajukan pengunduran diri, saya tetap menjadi anggota PAN, tapi kenyataannya kenapa saya malah dipecat,"tuturnya kepada serujambi.com (media partner PORTALTEBO.id).

Diakuinya bahwa dirinya sempat hendak mengundurkan diri dari PAN, tapi surat pengunduran diri tersebut tidak pernah diserahkannya.

"Surat pengunduran diri tersebut tidak pernah saya serahkan, kenapa alasan pemecatan saya adalah karena mengundurkan diri, ini jelas ada yang merekayasanya,"tegasnya lagi.

Tidak hanya itu saja Tumino juga membeberkan bahwa seharusnya dirinya adalah calon anggota Pengganti Antar Waktu (PAW) Harmalini anggota DPRD Tebo dari Fraksi PAN yang meninggal beberapa waktu lalu.

"Memang sewaktu diklarifikasi oleh pengurus DPD PAN Tebo, saya dihadapan ketua serta pengurus lainnya dan yang bertanya adalah Suhendri apa saya siap untuk urusan PAW ni, karena butuh banyak biaya, terus saya jawab kalo untuk administrasi saya siap, kalau untuk lainnya saya tidak siap,"bebernya lagi.

Dikatakannya lagi bahwa petinggi PAN Tebo meminta biaya sampai Rp 150 juta untuk mengurus PAW tersebut.

"Saya taunya dari H Muksin besoknya yang menelpon saya bahwa hari itu ada utusan dari DPD yang kerumahnya, salah satunya Suhendri, dirumah H Muksin dihitung-hitung totalnya habis Rp 150 Juta, sementara 2 orang utusan lagi katanya ke KPU Tebo untuk mengurus PAW ni,"lanjutnya lagi.

Sayangnya hingga berita ini diturunkan tidak ada satupun pengurus DPD PAN Tebo yang berhasil dikonfirmasi, termasuk nama-nama yang disebutkan Tumino seperti Subirman dan Suhendri. (ian/red)