Aturan Baru, Usia Masuk Sekolah Dasar Al-Wasliyah Minimal 6 Tahun

Advertisement

Aturan Baru, Usia Masuk Sekolah Dasar Al-Wasliyah Minimal 6 Tahun

Portal
Sabtu, 23 Februari 2019


PORTALTEBO.id - Sebentar lagi, Sekolah Dasar (SD) Al-Wasliyah yang berada di Kelurahan Tebing Tinggi, Kecamatan Tebo Tengah, Kabupaten Tebo, bakal menerima siswa baru. Untuk tahun 2019, SD berbasis islam ini hanya menampung siswa baru sebanyak 2 lokal atau kelas.

Perwakilan SD Al-Wasliyah, Jefri mengabarkan bahwa ada peraturan baru dalam menerima siswa baru khususnya tingkat SD. Aturan tersebut menegaskan jika masuk SD usia anak minimal adalah enam tahun dan maksimal tujuh tahun.

“Tidak seperti tahun sebelumnya yang harus tujuh tahun. Perubahan aturan tersebut seiring dengan keluarnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 14 Tahun 2018 tentang Aturan untuk Masuk Sekolah Dasar,”kata Jefri dihadapan para orang tua anak TK Al-Wasliyah, Sabtu (23/02/2019).

Jika anak berusia dibawah 6 tahun, jelas Jefri, tetap masih bisa masuk SD setelah mendapat rekomendasi dari sekolah ataupun psikolog. “Itu aturan yang mengaturnya, “kata Jefri lagi.
Untuk itu, Jefri minta kepada orang tua agar bisa mengikuti aturan yang telah mengatur syarat masuk SD tersebut. Jika tidak mengikuti aturan itu, bilang dia, akan berdampak pada administrasi peserta didik (anak).

“Jika usia atau umur anak kurang dari 12 tahun disaat duduk di kelas 6, anak ini tidak bakal bisa mengikuti ujian akhir. Pasalnya naman anak tersebut tidak bisa masuk kedalam daftar Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) sebagai salah satu syarat bisa mengikuti ujian akhir,”jelas dia.

“Jadi jika anak masuk SD usianya kurang dari 6 tahun, otomatis disaat anak duduk di kelas 6 usianya tidak sampai 12 tahun. Kan kasihan dengan anak, sudah mengikuti pembelajaran selama 6 tahun, namun tidak bisa mengikuti ujian akhir, “kata dia. (red)