Babinsa 416-03/Subeng, Serka M. Arifin Pantau Tanaman Padi Bersama Petani

Advertisement

Babinsa 416-03/Subeng, Serka M. Arifin Pantau Tanaman Padi Bersama Petani

Kamis, 21 Februari 2019


PORTALTEBO.id - Babinsa Koramil 416-03/Sungai Bengkal (Subeng, Kodim 0416/Bungo Tebo, Serka M.Arifin bersama kelompok tani Payo Pigau dibawah pimpinan Bapak Amrizal, melaksanakan kegiatan pendampingan memantau perkembangan padi dan hama burung, di Desa Embacang Gedang Kecamatan Muara Tabir Kabupaten Tebo. Kamis (21/02/19).

Pemantauan padi pada usia tanam 3,5 bulan ini dilakukan Babinsa semata-mata karena merupakan tugas pokok dan Upsus pertanian.

Kehadiran Babinsa ini sebagai motivator agar para petani terus bersemangat dalam merawat tanaman padi mereka. “Upaya ini merupakan terobosan baru dalam usaha pendampingan kita kepada petani binaan,”kata Babinsa Serka M.Arifin.

Selain tugas dan kewajiban terhadap warga binaan, kata Serka M.Arifin, pendampingan yang dilakukan dia terhadap petani susuai intruksi Dandim 0416/Bute melalui Danramil 416-03/Sungai Bengkal.

“Mulai dari persiapan lahan, penanaman sampai berisi buah selalu mendapat perhatian dari kita. Ini kita lakukan bila terjadi kendala atau hama yang menyerang maka sedini mungkin bisa di atasi, sehingga pertumbuhan padi tidak terhambat yang berdampak pada hasil panen,”papar Babinsa.

Sebab itu, Babinsa akan terus mengawal sampai tiba musim panen, sehingga program pemerintah terkait swasembada pangan akan tercapai, meski sampai saat ini target tersebut belum seratus persen selesai.

Tindakan itu dilakukannya bersama para petani sekitar untuk menambah hasil panen yang lebih melimpah. “Kita sweeping ke beberapa sawah di desa ini. Apalagi sekarang banyak hama yang mengganggu tanaman padi masyarakat. Untuk mengantisipasi terjadinya serangan hama, kita lakukan pembuatan orang orangan sawah dan tali pengikat antara tanaman padi,” kata Babinsa.

Danramil 416-03/Sungai Bengkal, Kapten Inf Sulasa Hadi mengatakan bahwa, kegiatan yang dilakukan oleh Babinsa Serka M.Arifin adalah wujud dari terlaksananya kegiatan lanpangan nasional yang diprogramkan oleh pemerintah pusat. “Jadi setiap Babinsa harus melaksanakan pendampingan secara terpadu kepada para petani di desa binaan masing-masing,”kata dia. (red)