google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 Babinsa Koramil 416-05/Muara Tebo Monitor Tanaman Padi Seluas 20 Ha

Advertisement

Babinsa Koramil 416-05/Muara Tebo Monitor Tanaman Padi Seluas 20 Ha

Minggu, 24 Februari 2019


PORTALTEBO.id - Babinsa Koramil 416-05 Muara Tebo Serma Lamtoro bersama petani melakukan pengecekan dan monitoring kesuburan tanaman padi di desa Teriti, Kecamatan Sumay, Kabupaten Tebo, Minggu (24/02/2019).

Padi seluas 20 Ha dengan usia tanam 75 hari yang dicek Babinsa adalah olahan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Karya Maju yang diketuai oleh Raden Kamal.


Kegiatan dilakukan berdasarkan instruksi Dandim 0416/Bungo Tebo (Bute) kepada seluruh Koramil jajaran untuk melaksanakan pendampingan terhadap petani di wilayah masing-masing. Salah satu pendampingan yang dilakukan adalah pengecekan kesuburan tanaman padi.

Pengecekan ini bertujuan untuk antisipasi penyebaran hama pada tanaman padi. “Ini bertujuan agar tanaman padi terlihat subur, dan diharapkan nantinya hasil panen padi petani meningkat,”kata Danramil 416-05/Muara Tebo, Kpt Inf Zulkarnaini, Minggu (24/02/2019).


Untuk mencapai hasil yang maksimal, Kpt Inf Zulkarnaini menegaskan kepada seluruh Babinsa di wilayah Koramil 416-05/Muara Tebo ikut terlibat langsung mendampingi petani. Pendampingan ini mulai dari penyiapan lahan sawah, penyemaian bibit, monitoring perkembangan dan kesuburan tanaman hingga panen.

Selain itu tegas Danramil, Babinsa dituntut agar mengetahui keluh kesah petani dan pola tanam sesuai dengan prosedur yang telah diajarkan demi hasil yang maksimal.

“Upaya ini untuk mendukung program swasembada pangan yang telah dicanangkan oleh pemerintah. Dimana program ini harus ditindaklanjuti oleh para Babinsa di jajaran Koramil 416-05/Muara Tebo, “kata Danramil. (red)