Belum Ada Perda, Buang Sampah Sembarangan Bakal Dipenjara Minimal 3 Tahun

Advertisement

Belum Ada Perda, Buang Sampah Sembarangan Bakal Dipenjara Minimal 3 Tahun

Portal
Rabu, 06 Februari 2019


PORTALTEBO.id - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tebo sekarang mengeluarkan peringatan keras kepada masyarakat Tebo yang ketahuan membuang sampah sembarangan. Peringatan ini dikeluarkan LH pasca pihaknya melakukan pemantauan disejumlah titik yang ada di Tebo ataupun Rimbo Bujang.

Hasilnya sangat mengejutkan, masih banyak masyarakat Tebo yang dengan seenaknya membuang sampah tidak pada tempatnya. Dari hasil pantauan tersebut maka mulai hari ini Dinas yang dipimpin Eko Putra mulai menegakan aturan dan UU terkait sampah.

Ditemui diruangannya, Kadis LH Tebo Eko Putra dengan tegas menyampaikan kepada siapa saja masyarakat Tebo dan Rimbo Bujang yang kedapatan membuang sampah tidak pada tempatnya bakal dikenakan sanksi kurungan penjara sesuai UU Lingkungah Hidup Pasal 39 ayat 1  UU No 18 thn 2008 yakni tentang pengelolaan sampah.

Dalam pasal tersebut Eko menyebutkan setiap orang yang secara melawan hukum memasukan dan /atau mengimpor sampah rumah tangga dan atau/sampah sejenis sampah rumah tangga ke dalam wilayah negara kesatuan Republik Indonesia di ancam dengan pidana penjara paling singkat 3 (tiga)thn dan paling lama 9 (sembilan) thn.

"Sedangkan untuk dendanya paling sedikit Rp 100 juta dan paling banyak 3 milyar rupiah," tegas Eko dikutip dari website kliktebo.com, Rabu (06/02/2019).

"Pedomannya atas dasar UU No 18 thn 2008," timpal Eko lagi.

Dikeluhkan Eko jika kondisi lingkungan saat ini masih saja dijumpai sampah di Tebo dan Rimbo Bujang membuat miris. Pasalnya berdasarkan pantauan tim LH Tebo masih banyak ditemukan masarakat membuang sampah tidak pada tempatnya yakni TPS dan TPA.

Atas dasar kejadian dan permasalahan buang sampah yang di lakukan oleh oknum masarakat di kota tebo dan rimbo bujang pada khususnya. Maka Dinas LH kab Tebo bakal menerapkan dan memaksimalkan UU tersebut di atas.

"tujuan kita jelas agar kab Tebo dan kota Tebo terhindar dari tumpukan sampah tidak pada tempatnya. Dan terwujud tebo bersih indah dan rapi," beber Eko meyakini.

Guna tetap menjalankan komitmen soal peringatan terhadap masyarakat Tebo yang buang sampah sembarangan, maka Dinas LH Tebo sudah menurun petugasnya untuk mengawasinya.

Artinya pihaknya bakal menangkap setiap orang yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Dan jika nanti ketahuan dan tertangkap akan di proses sesui dgn UU No 18 thn 2008.

Demikian pernyataan keras Dinas LH terhadap seluruh masyarakat Tebo. Eko berharap masyarakat dapat memahami dan menuntut kerjasamanya untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Sementara, Kabag Hukum Sekda Tebo, Evi Hanifah dikonfirmasi PORTALTEBO.id beberapa waktu yang lalu mengatakan jika Kabupaten Tebo belum memiliki Peraturan Daerah (Perda) soal sampah. “Kita belum belum punya Perda sampah, “kata dia. (red)