google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 Bersama Komunitas Trail, Serka Eri Gunawan Adventur ke Penakaran Orangutan

Advertisement

Bersama Komunitas Trail, Serka Eri Gunawan Adventur ke Penakaran Orangutan

Minggu, 24 Februari 2019


PORTALTEBO.id - Serka Eri Gunawan, Babinsa Koramil 416-03/Sungai Bengkal besama komunitas trail, Minggu (24/02/2019) mengadakan kegiatan adventur ke kawasan hutan konservasi Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT), Kabupaten Tebo.

Komunitas trail yang rata-rata anggotanya adalah para pemuda ini, menghabiskan waktu 5 jam perjalanan menuju lokasi tujuan, yakni tempat penakaran orangutan.


Selama perjalanan, Serka Eri Gunawan besama anggota komunitas trail ini melihat langsung pesona alam atau pesona hutan yang menjadi tempat hidup hewan-hewan yang dilindungi, termasuk orangutan yang keberadaannya dianggap mulai punah.

“Adventur atau perjalanan ini bertujuan untuk meningkatkan kecintaan anggota komunitas trail terhadap lingkungan dan hutan,”kata Serka Eri Gunawan.

“Harapannya anggota komunitas trail tahu betapa pentingnya hutan untuk berkelangsungan hidup segala jenis hewan, “kata kata Serka Eri Gunawan lagi.


Di lokasi tujuan jelas Babinsa, ada sebanyak 8 ekor orangutan dalam proses penangkaran. Orangutan ini kata dia, dididik untuk bisa mencari makan sendiri di alam bebas (hutan), “Kalau sudah bisa mencari makan sendiri, orangutan akan dilepas untuk hidup bebas di alamnya,”jelas Babinsa.

Menurut Babinsa, populasi orangutan saat ini mulai berkurang, bahkan nyaris punah. Agar tidak punah kata dia, dibutuhkan kawasan hutan yang benar-benar alami dan terjaga.

“Jadi, mari sama-sama kita jaga hutan tetap asri demi untuk kelangsungan orangutan dan satwa lainnya yang juga mulai punah, “pungkasnya. (red)