Ini Penjelasan Dinas PUPR Terkait Stadion Tebo Yang Belum Difungsikan

Advertisement

Ini Penjelasan Dinas PUPR Terkait Stadion Tebo Yang Belum Difungsikan

Portal
Kamis, 07 Februari 2019


PORTALTEBO.id - Terkait belum difungsikannya Stadion yang berada di Sport Center Kabupaten Tebo mendapat tanggapan dari Pelaksana Tugas (Peltu) Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Tebo, Erwanto.

Dia tidak menepis jika Stadion yang diklem termegah se Provinsi Jambi tersebut belum difungsikan. Agar stadion itu difungsikan, dirinya akan berkoordinasi dengan intansi atau organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

“Untuk pemanfaatan akan kita kordinasikan dengan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Tebo. Seperti apa tekniknya, kita serahkan ke Disporapar,”ujar Erwanto, Kamis (07/02).

Dikatakan Erwanto, untuk tahun 2019 ini DPUPR Tebo tidak menganggarkan dana untuk pembangunan fisik pada stadiun tersebut. Namun pihaknya telah menganggarkan dana untuk pembangunan jaringan dan instalasi listrik.

“Nanti kalau sudah ada listriknya baru bisa kita pasang lampu. Mudah-mudahan kalu sudah terang tidak ada lagi kegiatan negatif di sekitar stadion, “kata dia.

Diakui Erwanto jika pintu masuk stadion sering ditutup. Hal itu dilakukan untuk keamanan fasilitas yang ada di dalam stadion, juga untuk menghindari hewan ternak maupun hewan liar yang masuk ke area stadion. “Kalau soal tanaman dan rumput liar, nanti kita kordinasikan sama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk membersihkannya, “kata Erwanto.

Diberitakan sebelumnya, pembangunan Stadion yang berada di Sport Center Kabupaten Tebo telah menghabiskan anggaran sekitar Rp100 miliar lebih. Sayangnya, hingga saat ini stadion tersebut terkesan belum dimanfaatkan. Bahkan, stadion yang diagungkan terbesar se Provinsi Jambi ini sering terlihat tutup. Padahal pembangunannya sudah selesai di fhinising sejak tahun 2018 lalu.

Informasi yang dirangkum PORTALTEBO.id, pembangunan stadion tersebut dimulai sejak tahun 2016 lalu dengan anggaran sekitar 60 miliar dari APBD Tebo. Selanjutnya, setiap tahun Pemkab Tebo menganggarkan dana untuk melengkapi fasilitas penunjang stadion. Bahkan, di tahun 2018 kemarin Pemkab Tebo telah menganggarkan kembali dana sekitar Rp9 miliar untuk fhinising.

Sementara dari pantauan PORTALTEBO.id, kondisi saat ini banyak fasilitas di dalam stadion terlihat rusak dan terkesan terbengkalai. Bahkan ada beberapa item pekerjaan yang terkesan asal dikerjakan.

Hal ini sangat disayangkan oleh salah seorang warga Tebo, Ahmad saat berkunjung ke stadion tersebut. Menurut dia, besarnya APBD yang telah dikucurkan untuk pembangunan stadion tersebut, namun tidak ada perawatan sehingga kondisinya ada yang rusak.

Tidak hanya itu, kata dia, bahkan kondisi bangunan saat ini terkesan kotor, ada juga dinding yang retak, dan beberapa pekerjaan tampak belum selesai dikerjakan. “Dibeberapa sudut stadion diduga dijadikan tempat berkumpul dan mabuk-mabukan oleh para pelajar yang bolos saat sekolah,”kata dia.

Di sisi lain, dari hasil pantauan di lapangan juga terlihat banyak tanaman dan rumput liar yang tumbuh subur di area stadion dan sekitarnya. Hal itu sangat merusak keindahan dan kemegahan stadion tersebut. (red)